BRTI : Seluruh Operator Seluler Siap Layani Pemudik

Sabtu, 17 Juni 2017 - 21:21 WIB
BRTI : Seluruh Operator Seluler Siap Layani Pemudik
BRTI : Seluruh Operator Seluler Siap Layani Pemudik
A A A
MEDAN - Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) memastikan jaringan telekomunikasi seluruh operator seluler siap melayani peningkatan dan pergerakan trafik, khususnya selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1438 Hijriah.

Komisioner BRTI, Muhammad Imam Nashiruddin mengungkapkan, BRTI telah melakukan drive test atau uji coba jaringan terhadap sejumlah jaringan seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Smartfren, Smart Telecom dan Sampoerna Telekom Indonesia (N1), seminggu Ramadan dan memastikan seluruh jaringan seluler siap melayani para pemudik dalam menggunakan layanan suara atau telepon, SMS dan layanan data.

Uji kualitas layanan telepon terdiri dari tingkat keberhasilan panggilan, kegagalan panggilan, kualitas suara dan lama waktu sambung. Sedangkan uji kualitas layanan SMS menggunakan parameter uji seperti tingkat keberhasilan pengiriman dan lama pengiriman SMS. Adapun uji kualitas layanan data atau mobile internet diuji dengan menggunakan parameter seperti kecepatan rata-rata unduh dan tingkat keberhasilan unduh.

BRTI juga melakukan uji kualitas cakupan mobilitas dengan menggunakan parameter kualitas sinyal seluler di sepanjang rute jalan-jalan utama di Kota Medan.

Di Kota Medan, BRTI telah melakukan drive test di sejumlah tempat, di antaranya di Bandara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA), di stasiun Kereta Api, di terminal Amplas dan di pusat Kota Medan.

"Dari hasil uji kualitas tersebut, rata-rata hasil uji kualitas seluruh operator seluler menunjukkan hasil yang maksimal, karena nilai uji kualitasnya di atas rata-rata target," ungkapnya di acara evaluasi kesiapan jaringan telekomunikasi untuk melayani arus mudik dan Idul Fitri 1438 Hijriah yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama yang dihadiri oleh seluruh perwakilan manajemen operator seluler di JW Marriott Hotel, Medan.

Imam Nashiruddin mencontohkan drive test yang dilakukan BRTI di Bandara KNIA untuk uji kualitas layanan telepon. Seluruh operator seluler tidak mengalami kendala apapun terhadap uji kualitas telepon tersebut. Begitu juga dengan uji kualitas layanan SMS, BRTI menargetkan lama pengiriman SMS dibawah 60 detik dan hasil rata-rata lama pengiriman SMS seluruh operator hanya 1,25 detik.

Sama halnya dengan uji kualitas layanan data. BRTI memastikan layanan data seluruh operator seluler sangat maksimal. Dalam uji kualitas layanan data itu, BRTI menargetkan download ratio untuk masing-masing operator seluler 1 Mbps.

Tapi hasilnya, rata-rata operator seluler melebihi target tersebut. Seperti Telkomsel kecepatan download rationya mencapai 14,51 Mbps dan XL mencapai 14,68 Mbps.

"Itu artinya, uji kualitas telepon dan SMS dan layanan data untuk seluler operator seluler sangat baik, karena hasilnya diatas rata-rata yang kami tentukan," pungkasnya.

General Manager ICT Operation Regional Sumbagut Telkomsel, Yogi R Bahar mengungkapkan pihaknya sudah melakukan persiapan yang maksimal untuk melayani para pemudik di saat lebaran nanti.

"Telkomsel sendiri telah meningkatkan 200% layanan untuk menghadapi lonjakan pengguna data internet. Karena, tren masyarakat belakangan ini sudah lebih banyak menggunakan mobile internet," ungkapnya.

Sementara itu, General Manager Operation Sumatera Tri, Lutfi Rinaldi mengungkapkan selain fokus untuk meningkatkan layanan jaringan, pihaknya juga mempersiapkan diri untuk meningkatkan layanan penjualan isi ulang pulsa dan kartu perdana.

"Pengisian pulsa kami centralize di Jakarta dan kami sudah back up 100% dari penjualan pulsa di hari normal dan untuk kapasitas jaringan. Ini sudah menjadi agenda tahunan dan kami sudah mempersiapkannya dengan baik," ungkapnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7463 seconds (0.1#10.140)