Ekspansi ke Online Travel, Blibli.com Akuisisi Tiket.com

Jum'at, 16 Juni 2017 - 04:22 WIB
Ekspansi ke Online Travel, Blibli.com Akuisisi Tiket.com
Ekspansi ke Online Travel, Blibli.com Akuisisi Tiket.com
A A A
JAKARTA - Blibli.com melakukan aksi korporasi dengan mengakuisisi 100% Tiket.com, pioneer sekaligus salah satu Online Travel Agent (OTA) terbesar di Indonesia. CEO Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan, sejak berdiri tahun 2011, Blibli memiliki visi memperbesar lini bisnisnya dengan menghadirkan berbagai inovasi.

"Kami sebagai leading e-Commerce tentunya ingin terus ekspansi, terus bertumbuh. Kami melihat Tiket.com memiliki banyak kesamaan antara visi misi dan nilai perusahaan dengan Blibli.com sehingga diharapkan dapat memudahkan proses sinergi," ujarnya di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Kusumo mengakui, travel online menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis Blibli.com karena adanya pasar yang menjanjikan. Statistik menunjukkan minat pembelian produk travel melalui online terus meningkat.

"Dari sana, kami mulai berpikir, kalau mau tumbuh harus ada yang bisa dijadikan partner. Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus dimana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya. Berdasarkan pertimbangan itulah, kami mantap untuk melakukan akuisisi," jelasnya.

Kusumo menambahkan, dengan akuisisi ini bisa membawa Blibli.com sebagai salah satu pemain OTA terbesar dan menjadi The only e-Commerce B2C di Indonesia yang pertama kali memiliki kanal OTA yang di dalamnya memiliki variasi produk travel terlengkap.

Dia tidak menutup kemungkinan Blibli.com akan berekspansi ke produk lain. "Sekarang kami akan berkonsentrasi untuk mengembangkan kedua perusahaan e-commerce ini sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan travel dan online shopping bagi konsumen domestik maupun internasional," tuturnya.

Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com Gaery Undarsa mengatakan, dengan adanya akuisisi ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial baik dari rencana sinergi yang ada dan dari segi penetrasi pasar.

"Proses akuisisi telah dilakukan dari lima bulan lalu bersama dengan pihak Blibli.com. Melihat potensi ke depannya dan banyaknya kesamaan dalam kultur dan visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam Blibli.com," ujarnya.

Pendanaan akuisisi tersebut diambil dari sumber dana internal untuk pengembangan bisnis Blibli.com. Blibli.com akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com baik dari sisi share inventory, program penjualan, promosi, termasuk penetrasi ke sosial media, serta memperkuat tim sumber daya manusia.

Pada kesempatan tersebut, turut diperkenalkan CEO Tiket.com yang baru, George Hendrata. George mengatakan, ke depan akan fokus pada kenyamanan pelanggan. Selain itu, meningkatkan pengguna aplikasi Tiket.com dan transaksi melalui aplikasi.

"Kita fokuskan ke pelanggan dengan meningkatkan teknologi dan service. Ke depan kita sudah lihat beberapa peluang dan pasarnya juga besar," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6556 seconds (0.1#10.140)