E-Commerce Ini Penting untuk Pelaku Bisnis

Rabu, 26 April 2017 - 20:02 WIB
E-Commerce Ini Penting untuk Pelaku Bisnis
E-Commerce Ini Penting untuk Pelaku Bisnis
A A A
JAKARTA - Xfas, solusi sosial commerce yang terintegrasi dengan sistem pembayaran dan manajemen inventori bagi seller dan buyer di online shop, hadir di Indonesia. Xfas merupakan sebuah solusi sosial commerce hasil kolaborasi dari payment gateway provider lokal, Faspay bersama dengan perusahaan financial technology Xfers dari Singapura, menyediakan layanan keuangan menggunakan teknologi terkini bagi para pelaku bisnis online terutama bagi para pelaku bisnis yang bergerak dalam skala kecil - menengah.

Berdasarkan data Asosiasi Fintech Indonesia (2016) disebutkan bahwa 80% pertumbuhan perdagangan online saat ini dominasi oleh aktvitas jual beli yang berlangsung di sosial commerce. Walaupun masih menggunakan metode tradisional di platform sosial seperti Facebook, Instagram, BBM, Line dan WhatsApp, terdapat 2,7 juta transaksi setiap harinya.

Namun, permasalahan yang sering muncul dalam kegiatan jual beli di sosial commerce yakni adanya percakapan panjang antara seller dan buyer untuk mengetahui detail produk yang ditawarkan hingga metode pembayarannya. Menjawab permasalahan tersebut, Xfas ini hadir untuk mempercepat proses transaksi, mempermudah penerimaan pembayaran, sekaligus membantu dalam pengelolaan data barang masuk dan keluar.

“Dengan adanya Xfas ini dapat mempermudah para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran. Buyer akan mendapatkan link dari produk yang telah dibeli, lalu hanya dengan sekali klik, maka semua informasi yang dibutuhkan akan diterima oleh seller sehingga proses transaksi menjadi lebih efektif. Ini merupakan solusi anti ribet satu-satunya yang lengkap, aman dan mudah bagi seller dan buyer di social commerce.” ujar CEO Faspay, Hioe Fui Kian, saat peluncuran Xfas di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Cara menggunakan Xfas cukup mudah, pengguna cukup masuk ke dalam dashboard Xfas yang telah disediakan untuk mengatur produk yang hendak dijual. Sebelum masuk ke dashboard, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dulu melalui www.xfas.co.id. Hal ini hanya berlaku untuk seller saja, bagi buyer tidak perlu melakukan login terlebih dulu.

Dashboard ini nantinya akan menciptakan suatu link yang nantinya link inilah yang digunakan penjual untuk disebarkan kepada calon pembeli melalui media sosial, forum maupun aplikasi messenger. User yang menerima link tersebut akan diarahkan ke halaman pemesanan yang berisi tentang informasi produk yang tadi telah di-setting dalam dashboard. Selanjutnya pengguna akan menerima informasi mengenai pembayaran produk yang hendak dibeli dengan beragam pilihan metode transfer bank maupun kartu kredit.

Apabila pembayaran tersebut berhasil dilakukan, Xfas akan mengirimkan notifikasi secara otomatis kepada penjual. Setelah itu, penjual dapat melanjutkan ke proses pengiriman barang. Pembeli tidak perlu melakukan hal apapun untuk mengkonfirmasi sehingga dapat duduk dengan tenang sambil menunggu barang yang mereka beli dikirim.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)