Polri Siapkan Sistem Tangkal Kejahatan Siber

Rabu, 01 Maret 2017 - 10:04 WIB
Polri Siapkan Sistem Tangkal Kejahatan Siber
Polri Siapkan Sistem Tangkal Kejahatan Siber
A A A
JAKARTA - Kejahatan siber menjadi momok menakutkan ditengah era digitalisasi. Pasalnya para pelaku kejahatan siber kerap kali mengincar data-data penting para pengguna internet.

Selain perlu kewaspadaan dari pengguna internet itu sendiri, tentunya perlu ada tindakan pengamanan dari pihak berwajib terhadap para pelaku kejahatan siber. Menanggapi keresahan masayarakat akan kejahatan siber, Wakil Kepala Direktur Kriminal Khusus, Polda Metro Jaya, AKBP Akhmad Yusep Gunawan mengaku telah menyiapkan sistem untuk menangkal kejahatan siber.

"Kejahatan siber adalah salah satu dampak negatif digitalisasi yang harus kita cegah. Kedepannya kita juga akan kerjasama untuk mengembangkan sistem dimana dapat melihat peristiwa ataupun prilaku masyarakat yang menyalahgunakan digital ini sebagai aksi kejahatan," ujar Yusep, di Jakarta,(28/2/2017).

Lebih lanjut, Yusep menjelaskan, dengan adanya sistem ini nantinya kepolisian bisa melakukan penindakan. Walaupun diharapkan tidak ada yang harus ditindak, karena dengan begitu berarti semua berjalan dengan tertib.

Yusep pun mengakui, saat ini setidaknya terdapat beberapa laporan masyarakat mengenai kejahatan siber. Dimana laporan tersebut terjadi hampir setiap hari.

"Saat ini sehari itu setidaknya ada 16 kejadian baru tentang kejahatan siber yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Angka ini belum terhitung dengan laporan yang ada di polres maupun polda lainnya," pungkasnya.

Namun sayangnya dalam hal ini belum dijelaskan sistem tersebut segera dirilis.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7994 seconds (0.1#10.140)