Masuk Tahun 2017, Serangan Hidden Malware Semakin Kencang

Rabu, 25 Januari 2017 - 14:59 WIB
Masuk Tahun 2017, Serangan Hidden Malware Semakin Kencang
Masuk Tahun 2017, Serangan Hidden Malware Semakin Kencang
A A A
JAKARTA - Kaspersky Lab memprediksi malware Project Sauron masih akan menjadi momok dunia siber di 2017. Pasalnya program yang dikenal sebagai 'hidden malware' ini sangat sulit terditeksi.

Bagaimana tidak, program ini mampu menyelinap kedalam file perangkat komputer yang tidak berbahaya dan ternyata bekereja untuk mencuri data. Dalam hal ini, Territory Channel Manager Kaspersky, Dony Koesmandarin bahkan melihat malware ini masih akan sulit terditeksi sampai lima tahun ke depan.

"Project Sauron mungkin saja sudah ada di komputer korban sejak lama, tapi malware ini tidak melakukan apa-apa, tidak merusak, sehingga keberadaannya tidak disadari korban," ujar Dony, di Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Cara kerja malware ini sendiri hanyalah mengumpulkan data dari calon korban. Selanjutnya, dari data yang ada baru di analisis apakah calon korban merupakan orang yang potensial untuk diserang.

"Jadi malware ini modelnya tidak membuat malware yang berlaku untuk semua orang. Ini akan jadi tren yang cukup besar pada tahun ini," ungkap Dony.

Selain Project Sauron, Kaspersky memprediksi tahun ini akan ada malware jenis baru yang dirancang khusus untuk menyerang perusahaan finansial.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8836 seconds (0.1#10.140)