Bos MNC Sky Vision Ungkap Tantangan RI Wujudkan Smart City

Jum'at, 09 September 2016 - 13:07 WIB
Bos MNC Sky Vision Ungkap Tantangan RI Wujudkan Smart City
Bos MNC Sky Vision Ungkap Tantangan RI Wujudkan Smart City
A A A
JAKARTA - Presiden Direktur PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY) Rudy Tanoesoedibjo mengatakan, untuk membentuk Indonesia yang memiliki konsep smart city di setiap kotanya, banyak tantangan. Tantangan utamanya ada dua yakni biaya dan kemauan.

(Baca: MNC Sky Gandeng DW Bahas Pengembangan Teknologi di Asia)

Dia mengatakan, untuk membangun konsep smart city memang tak bisa dipungkiri membutuhkan biaya yang besar. Hal ini lantaran smart city membutuhkan infrastruktur teknologi memadai yang membutuhkan biaya tak sedikit.

"Karena, konsep smart city itu mengedepankan teknologi yang dapat mempermudah manusia untuk melakukan aktivitas," kata dia di Hermitage Hotel, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Tantangan kedua yakni kemauan untuk membangun smart city. Rudy mengatakan, selama ini kemauan untuk membangun sebuah kota pintar dan memberikan efisiensi kepada masyarakat, belum maksimal.

"Banyak fakta yang dibicarakan tadi memberikan banyak bukti, bahwa sekarang eranya digital. Smart city akan bawa efisinesi luar biasa. Bahkan dalam presentasi tadi, disampaikan bahwa ada efisiensi 30%-50%. Kalau ada biaya, dan kemauan untuk membangun, smart city bisa terwujud," ungkap Rudy.

Di Jakarta, lanjut dia, bukan hal aneh lagi, jika masyarakat pekerja biasa dari rumah menuju kantor setiap pagi harus berangkat sebelum pukul 6.00 WIB. Karena, jika dia berangkat setelahnya, bisa tiga jam perjalanan.

"Ini akan sangat menghambat produktivitas. Jadi, jika kota-kota di Indonesia dibangun dengan teknologi digital yang saling terinterkoneksi, maka produktivitas negara akan sangat diuntungkan," tutupnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7732 seconds (0.1#10.140)