Google Tangguhkan Proyek Smartphone Modular

Jum'at, 02 September 2016 - 23:01 WIB
Google Tangguhkan Proyek Smartphone Modular
Google Tangguhkan Proyek Smartphone Modular
A A A
JAKARTA - Alphabet Inc, perusahaan induk Google dilaporkan telah menangguhkan Proyek Ara, upaya ambisius untuk membangun smartphone modular dengan komponen yang bisa saling dipertukarkan. Proyek ini merupakan bagian dari upaya Google merampingkan perusahaan pada bisnis hardware.

Tujuan perusahaan dalam Proyek Ara adalah menciptakan sebuah ponsel di mana pengguna bisa menyesuaikan sendiri kebutuhan baterai, kamera, speaker atau komponen lainnya secara cepat.

Dilansir dari Reuters, Jumat (2/9/2016), seorang sumber mengatakan, meskipun Google tidak akan merilis ponsel sendiri, perusahaan akan bekerja sama dengan mitra untuk membawa teknologi Proyek Ara ke pasar, melalui perjanjian lisensi.

Proyek Ara adalah salah satu langkah pertama dalam kampanye untuk menyatukan berbagai hardware Google, antara laptop Chromebook ke ponsel Nexus.

Mantan presiden Motorola Rick Osterloh bergabung kembali dengan Google pada awal tahun ini untuk mengawasi usaha. Hal tersebut setelah Google menjual Motorola Mobility ke Lenovo Group pada 2014.

Smartphone modular mendapat sambutan besar dari komunitas teknologi yang dapat membantu memperpanjang umur perangkat dan mengurangi limbah elektronik.

"Tapi perangkat sulit dibawa ke pasar karena bagian yang dipertukarkan mahal untuk diproduksi," kata analis Bob O'Donnell dari TECHnalysis Research.

Dia tidak terkejut melihat Google menghentikan proyek tersebut. "Ini adalah percobaan ilmiah yang gagal," katanya.

Proyek Ara adalah salah satu upaya unggulan Google Advanced Technology and Project Group, yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat baru.

Tahun lalu, perusahaan menunda rencana untuk menjual telepon modular di Puerto Rico, dengan operator Amerika Latin.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7350 seconds (0.1#10.140)
pixels