Google Turut Andil Berkembangnya Startup di Indonesia

Selasa, 09 Agustus 2016 - 17:44 WIB
Google Turut Andil Berkembangnya Startup di Indonesia
Google Turut Andil Berkembangnya Startup di Indonesia
A A A
JAKARTA - Tidak hanya menyediakan platform open source yang bisa dimanfaatkan, Google juga ikut menaruh perharian terhadap lahirnya startup di berbagai negara dengan menyediakan ekosistem lengkap dari inkubasi hingga teknologinya.

Ben Galbraith, Head of Product & Developer Relations, Developer Product Group Google menuturkan bahwa Google ikut mempercepat perkembangan teknologi ingin agar teknologi yang ada juga bisa dimanfaatkan oleh orang lain khususnya kalangan startup.

"Startup yang saya temui hampir semuanya memiliki ide dan inovasi yang menarik sayangnya seringkali kendala yang muncul adalah dari segi teknologi. Sebagai pencipta platform open source maka kami juga mempersilahkan startup manapun untuk menggunakan software milik kami," ujar Ben, sapaan akrabnya.

Dalam acara Google Launchpad Accelerator yang merupakan rangkaian dari event besar Google for Indonesia, pihak Google ingin mengajak para calon startup untuk memanfaatkan program inkubator dan software dari mereka untuk membantu mengelola startup.

"Tiap tahun selalu ada startup yang diberangkatkan ke markas besar Google di Mountain View, California, US untuk memperoleh mentoring. Bagi yang tidak bisa pun tidak perlu berkecil hati karena Google sendiri sudah menyediakan pelatihan developer secara online, kemudian ada sertifikasi kemampuan mereka, dan kami juga menciptakan mata kuliah bekerjasama dengan beberapa kampus di Indonesia," bebernya.

Dari segi software, Google pun memperkenalkan lini software yang mempermudah developer menciptakan dan mengelola yakni Google Cloud Platform dan software Firebase.

Google Cloud Platform merupakan layanan yang dapat dimanfaatkan Google untuk menciptakan dan menampung data startup. Untuk keperluan pengelolaan ada aplikasi Firebase yang fungsinya serupa analytic dashboard terintegrasi.

"Melalui Firebase, startup dapat memantau crash report dari para pengguna dan memprediksi akibatnya terhadap user engagement. Selain itu di dalamnya juga terintegrasi dengan fitur promosi Google, misalnya Adsense. Jadi kami sediakan platform lengkap untuk mengelola startup tanpa harus memiliki modal besar," ungkap Ben.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2917 seconds (0.1#10.140)