Pakai IndiHome, KPPU Sebut Pelanggan Keluar Biaya Lebih Mahal

Rabu, 13 April 2016 - 20:01 WIB
Pakai IndiHome, KPPU Sebut Pelanggan Keluar Biaya Lebih Mahal
Pakai IndiHome, KPPU Sebut Pelanggan Keluar Biaya Lebih Mahal
A A A
JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai pelanggan Telkom mengeluarkan biaya lebih mahal saat muncul paket IndiHome Triple Play yang berisi tiga produk, yaitu telepon, TV kabel dan internet (WiFi).

Ketua KPPU Syarkawi Rauf mengatakan, sebagian pelanggan sudah memakai TV kabel dan WiFi dari perusahaan yang berbeda sehingga dengan wajibnya membeli tiga produk Telkom akan memberatkan.

Baca: KPPU Tegur Telkom Jangan Paksa Konsumen Beralih ke IndiHome

"Konsumen keluarkan biaya lebih mahal, ya gimana orang sudah pakai telepon, punya langganan Indovision dan dia sudah punya langganan WiFi internet ,dan masuk Telkom paket internet dan TV-nya, high cost bagi konsumen," ujarnya di Gedung DPR, Rabu (13/4/2016).

Syarkawi menjelaskan, bahkan ada pelanggan yang memilih berhenti berlangganan paket TV Telkom tapi justru malah diputus juga sambungan teleponnya.

Baca: KPPU Ungkap Tak Pindah ke IndiHome, Telepon Pelanggan Diputus

"Ada yang bahkan di beberapa tempat milih berhenti berlangganan paket TV tapi diputus juga telponnya," katanya.

Menurutnya, di KPPU ada aturan pasal yang mengatur penjual tidak bisa menjual dengan mewajibkan pelanggan membeli produk yang justru tidak diperlukan.

"Nanti di KPPU ada aturannya pasal tying, perjanjian eksklusif. Artinya, jadi seorang penjual tidak bisa menjual dengan mewajibkan pelanggan membeli produk lain yang tidak membutuhkan secara bundle dalam satu paket," tandas Syarkawi.

Baca: KPPU Akan Beberkan Bukti Pelanggaran Telkom IndiHome
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0610 seconds (0.1#10.140)