Google Luncurkan Projek Baru, Agar Buka Konten Lebih Cepat

Kamis, 25 Februari 2016 - 13:15 WIB
Google Luncurkan Projek Baru, Agar Buka Konten Lebih Cepat
Google Luncurkan Projek Baru, Agar Buka Konten Lebih Cepat
A A A
JAKARTA - Semakin banyak fitur yang ditawarkan pada sebuah perangkat mobile, membuat pengguna semakin mudah menelusuri apapun melalui perangkatnya. Namun, untuk urusan akses konten lewat perangkat mobile, masih banyak pengguna mengeluh dalam hal kecepatan membuka sebuah konten.

Berdasarkan data yang dimiliki Google, pengguna cenderung meninggalkan laman jika konten tidak terbuka dalam 3 detik. Melihat fenomena tersebut, Google meluncurkan projek bernama Accelerated Mobile Pages (AMP) di Indonesia. Projek ini untuk memberi netizen pengalaman mengakses informasi dengan lebih cepat, mulus dan hemat data.

"Bagi Netizen yang ingin mencari sebuah berita atau topik di Google melalui perangkat mobile, laman web relevan yang dibuat menggunakan AMP akan muncul. Berita juga akan dimuat dengan sangat cepat, dan pengguna dapat membaca seluruh artikel tanpa harus menunggu waktu loading yang lama," papar Product Manager, AMP, Rudy Galfi melalui keterangan resminya kepada Sindonews, Kamis (25/2/2016).

Dia mengungkapkan, pengguna dapat dengan dengan mudah mengeksplor hasil penelusuran dari satu berita AMP ke lainnya hanya dengan cara menggesernya menggunakan jari. Projek AMP ini bersifat open source (www.ampproject.org), dan pertama kali diumumkan secara global pada bulan Oktober 2015.

Dalam kurun waktu empat bulan, ratusan penerbit, perusahaan teknologi dan iklan telah bekerja bersama-sama untuk mengembangkan mobile web yang lebih baik bagi semua orang. Terutama bagi Indonesia, di mana membaca berita terus menjadi aktivitas favorit saat online, AMP akan memudahkan netizen menemukan konten yang mereka butuhkan dengan lebih cepat, mulus, dan hemat data.

Hasil awal dari AMP menunjukkan bahwa laman web yang diperkuat dengan AMP akan dimuat 4X lebih cepat dan 10X lebih hemat data dan saat ini pengguna perangkat mobile sudah dapat mengeksplor hasil penelusuran berbasis AMP mulai hari ini.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1622 seconds (0.1#10.140)
pixels