Waspada! Ada Malware Baru Serang Perangkat Android

Rabu, 17 Februari 2016 - 13:46 WIB
Waspada! Ada Malware Baru Serang Perangkat Android
Waspada! Ada Malware Baru Serang Perangkat Android
A A A
KOPENHAGEN - Malware atau virus pada perangkat Android, sampai saat ini memang masih menjadi musuh bersama. Baru-baru ini, telah ditemukan malware baru yang oleh perusahaan keamanan asal Denmark.

Dilansir dari Ubergizmo, Rabu (17/2/2016), malware ini mampu menghapus data pada perangkat melalui pesan teks tunggal. Malware yang disebut Mazar ini memiliki cara kerja dengan mengirim teks link multimedia.

Dalam pesan teks tersebut juga terdapat perintah melakukan download dari link yang ditawarkan. Ketika pengguna melakukan download dari link tersebut, maka saat itu juga Android pengguna terjangkit malware.

Pasalnya, perintah download tersebut untuk menyembunyikan sumber sebenarnya dari malware. Tidak hanya mampu menghapus data yang ada, tapi malware juga dapat membuat panggilan nakal dan mengirim pesan teks yang berpotensi merusak.

Aksi malware ini setidaknya lebih dari 100.000 ponsel Android telah menerima teks Mazar. Namun belum dapat dipastikan apakah malware ini akan segera meluas ke negara lain atau tidak. Salah satu bentuk antisipasi terhadap malware ini adalah para pengguna Android untuk tidak mengklik link pada pesan teks dari yang tidak dikenal.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8298 seconds (0.1#10.140)