Digitalisasi Salah Satu Pendukung Kemajuan Industri Automotif Indonesia

Kamis, 17 Desember 2015 - 00:43 WIB
Digitalisasi Salah Satu Pendukung Kemajuan Industri Automotif Indonesia
Digitalisasi Salah Satu Pendukung Kemajuan Industri Automotif Indonesia
A A A
JAKARTA - Masa kini adalah masa digitalisasi, dan telah merambah semua sektor termasuk melihat pasar mobil. Konsumen tak perlu bersusah payah datang ke showroom mobil baru maupun bekas, cukup menggunakan internet. Dunia internet dianggap sebagai salah satu kunci kemajuan industri automotif Indonesia.

Ridho Putradi S'gara Founder dan CEO InboundID mengungkapkan penggunaan internet sangat potensial bagi industri automotif. Mau tidak mau para pelaku industri harus mulai fokus ke dunia digital. Karena menurut data, tiap bulan ada 8,3 juta pencarian terkait automotif di Indonesia.

Bahkan ada sekitar 45 juta impresi terkait hal yang berbau automotif di internet Indonesia dan 3,5 juta orang yang tertarik pada dunia automotif per bulan di Facebook di Indonesia. Bila dilihat secara keseluruhan di dunia maya, news dan media menjadi tempat dominan para pecinta automotif Indonesia dengan persentase 65%.

"Marketplace seperti Mobil123 ini pengunjungnya cukup besar, 31%. Malahan website prinsipal, dealer atau ATPM hanya dikunjungi 4% dari pecinta automotif," ujarnya di seminar bertema 'Menyambut Pertumbuhan Era Digital di Industri Otomotif' yang digelar Mobil123.com.

Yang paling menarik, para pengunjung dari desktop dan PC malah turun, sementara para pengunjung dari mobile dan tablet malah naik. Melihat hal seperti ini para produsen seharusnya lebih fokus untuk membangun informasi melalui dunia internet, karena konsumen ingin kemudahan untuk mengetahui sebuah produk.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8311 seconds (0.1#10.140)