Tips Buat Pengendara Motor Hadapi Musim Hujan

Rabu, 18 November 2015 - 14:56 WIB
Tips Buat Pengendara Motor Hadapi Musim Hujan
Tips Buat Pengendara Motor Hadapi Musim Hujan
A A A
MUSIM hujan telah datang, menjaga kondisi tubuh merupakan hal penting untuk menghadapi perubahan cuaca saat ini. Akan tetapi, bagaimana dengan kondisi kendaraan yang mendukung mobilitas sehari-hari. Untuk itu, ada beberapa hal pada sepeda motor yang perlu diperhatikan disaat musim hujan demi keselamatan berkendara.

"Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor memasuki musim hujan seperti saat ini. Misalnya kanvas rem, hal ini sangat jarang diperhatikan oleh para pengendara sepeda motor sehingga seringkali rem pada motor tidak dapat berfungsi dengan baik. Terlebih lagi pada saat musim hujan seperti ini tentu pola pengereman berbeda dibanding pada saat kemarau," ujar Kepala Bengkel AHASS cabang Kota Bekasi, Rahmad Arif, Rabu (18/11/2015).

Selain itu, dia menambahkan, kondisi ban juga harus diperhatikan, sebab kondisi ban yang kurang baik juga dapat menyebabkan selip disaat musim hujan seperti ini. "Tekanan angin pada ban sebaiknya jangan terlalu kencang, sebab musim hujan seperti permukaan ban tidak dapat menempel seluruhnya ke jalan. Jadi, ada baiknya sedikit dikurangi agar lebih menempel ke aspal," terang Arif.

Selain itu, demi keselamatan pengendara perlu diperhatikan kondisi lampu kendaraan. "Pada musim hujan sebaiknya jangan gunakan lampu yang berwarna putih yang biasanya digunakan untuk variasi. Lebih baik gunakan lampu yang berwarna kuning. Sebab cahaya lampu lebih dapat menembus hujan apa lagi kalau sedikit berkabut," pungkasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0553 seconds (0.1#10.140)