RI Perlu Prioritaskan Industri Telekomunikasi

Senin, 07 September 2015 - 12:27 WIB
RI Perlu Prioritaskan Industri Telekomunikasi
RI Perlu Prioritaskan Industri Telekomunikasi
A A A
JAKARTA - Dalam menghadapi permasalahan ekonomi Indonesia, khususnya dampak dollar yang sedang melemah saat ini, perlu ada solusi yang tepat. Industri yang ada di Indonesia sebenarnya sudah bisa menjadi penyokong perekonomian, salah satu yang dapat dilakukan adalah jika pemerintah Republik Indonesia memprioritaskan Industri Telekomunikasi.

"Jika Industri Telekomunikasi Indonesia menjadi prioritas, Indonesia bisa menjadi basis telekomunikasi, mengingat sumber daya manusia di negeri ini sudah cukup baik," ucap Direktur Eksekutif Centre of Reform on Economics (CORE) Hendri Saparini saat jumpa pers di Jakarta, Senin (7/9/2015).

Hal ini dapat dilihat, tambahnya, dari pertumbuhan Industri Telekomunikasi di Indonesia yang sangat pesat. Semua itu bukan tanpa alasan.

"Kita bisa melihat Industri Telekomunikasi bisa menjadi sebuah industri manufaktur. Negara China dapat sedemikian maju karena ada industri pendukungnya, harus ada konsensus nasional apakah industri telekomunikasi ini menjadi prioritas," papar Hendri.

Mencapai semua itu, diharapkan Hendri, perlu dipetakan berbagai masalah yang ada. Tujuannya tidak lain untuk mencapai sebuah alternatif jangka panjang. "Pelaku pasar saat ini sedang menantikan sebuah respon yang positif dari perekonomian kita," ujarnya.

Di sisi lain, Hendri melihat ada kemungkinan rupiah akan menguat. Tapi penguatan itu biasanya berdasarkan faktor eksternal, bukan karena ekonomi Tanah Air yang menguat.
"Kita berharap rupiah dapat menguat tapi memang karena ekonomi dalam negeri kita yang kuat. Kita harus bisa membuat pasar yang kuat," pungkasnya.

Baca:
Perlu Ada Pertahanan Lindungi Industri Telekomunikasi
(dyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1158 seconds (10.177#12.26)