Ponsel Murah Berkamera Jernih

Senin, 31 Agustus 2015 - 17:09 WIB
Ponsel Murah Berkamera Jernih
Ponsel Murah Berkamera Jernih
A A A
PASAR smartphone entry level di Indonesia semakin ramai, ditambah dengan kehadiran Huawei Y3 Limited Edition Batik. Meski ponsel buatan China dengan harga di bawah Rp1 juta ini masuk kategori low-end, tapi memiliki berbagai fitur mumpuni. Terutama pada kamera yang cukup jernih.

Secara spesifikasi, Huawei Y3 Batik menawarkan layar sentuh dengan ukuran 4.0 inci beresolusi WVGA 480 x 800 piksel. Jika melihat dari resolusinya memang tidak terbilang istimewa, tapi untuk smartphone di bawah harga satu juta sudah cukup mumpuni.

Memiliki tampilan kepadatan 233 piksel per inci (ppi), Huawei Y3 Batik menggendong layar IPS LCD capacitive touchscreen dengan penawaran hingga 16 juta warna, sehingga tampilan gambar lebih hidup dan tersaji alami.

Bekalan antarmuka Emoticon UI 3.0 Lite benar-benar unik dan menampilkan ciri khas Indonesia. Antarmuka itu spesial dibawa Huawei khusus untuk konsumen Indonesia.

Melihat desain tampilan yang sederhana dengan balutan dari material plastik empat sudut membulat, membuatnya nyaman digenggam satu tangan. Bobotnya yang 120 gram pun lumayan ringan, meskipun boleh dibilang relatif tebal untuk ponsel masa kini, yakni 10.9 mm. Secara dimensi Huawei Y3 Batik berdimensi 122,6 x 63,88 mm.

Melongok ke bagian dalam, dapur pacu Huawei Y3 Batik membawa chipset MediaTek MT6582 dengan prosesor Quad-core Cortex-A7 berkecepatan 1.3 GHz. Sayang, RAM yang ditawarkan tidak terlalu besar, yakni 512MB sehingga agak berat untuk membawa banyak aplikasi dan game berat. Sistem operasi yang ditawarkan masih menggunakan Android KitKat v4.4 yang terbilang bukan modern karena kini telah hadir Android seri Lollipop.

Jika disesuaikan dengan jajaran ponsel di kelasnya, ruang penyimpanan Huawei Y3 Batik berkapasitas 4GB, masih bisa diterima. Karena pengguna masih bisa memakai memori tambahan dari microSD berkapasitas hingga 32 GB.

Mengulas sektor fotografi, Huawei Y3 Batik memiliki kamera belakang 5 MP dengan fitur autofocus, face detection, geo tagging, youch focus dan HDR sehingga hasil gambar yang diambil cukup jernih. Fitur Dual LED Flash membuat proses pengambilan gambar lumayan terang meski dalam cahaya rendah. Kamera depan dengan 2 MP membuat pengguna dapat ber-selfie ria dan hasil bidikan pun lumayan ciamik.

Sayang, Huawei Y3 Batik masih belum didukung jaringan 4G LTE. Namun, dengan dukungan jaringan 3G HSDPA berkecepatan HSPA, serta 2G GSM kecepatan internet untuk ponsel ini terbilang cukup.

Adapun konektivitas ponsel ini meliputi GPRS, EDGE, Wifi, Hotspot, GPS dan browser. Tidak ketinggalan Bluetooth v4.0 dan port microUSB beserta kabel USB yang disertakan untuk mentrasfer data ke perangkat lain. Fitur dual SIM menjadi salah satu kelebihan smartphone ini, dimana pengguna bisa mengoperasikan dua sim card GSM dalam satu ponsel.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7997 seconds (0.1#10.140)