Dalang Pembuat iPhone Palsu Berhasil Diringkus

Selasa, 28 Juli 2015 - 16:12 WIB
Dalang Pembuat iPhone Palsu Berhasil Diringkus
Dalang Pembuat iPhone Palsu Berhasil Diringkus
A A A
CUPERTINO - Sebuah pabrik yang telah dibuat hingga 41.000 Apple iPhone palsu di China, dan dalang dari pembuatan tersebut berhasil diringkus.

Dikutip dari BBC, Selasa (28/7/2015), proses peringkusan ini menyebabkan sembilan penangkapan. Operasi ilegal itu melibatkan sekitar ratusan pekerja pengemasan ulang bekas bagian smartphone. Kemudian menjadi iPhone baru dan siap diekspor.

Produksi ponsel palsu itu bernilai hingga 120 juta yuan atau sekitar Rp260,12 miliar. Menurut laporan tertulis, pabrik itu ditemukan pada 14 Mei lalu, tetapi baru dilakukan penggeledahan oleh biro keamanan publik Beijing pada Minggu (26/7/2015).

Kabarnya, tindakan ilegal tersebut telah berlangsung sejak Januari lalu. Didalangi pasangan seorang suami dan istri, di pinggiran utara ibukota China, menurut pihak berwenang Beijing.

Laporan tersebut masuk di tengah tindakan keras pemerintah China terhadap barang-barang palsu. Pihak otoritas mendorong perusahaan untuk meresmikan merek dagang barang-barang mereka.

China juga telah sepakat bekerja sama dengan pemerintah AS mencoba membendung sejumlah besar barang palsu yang mengalir di antara kedua negara.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4529 seconds (0.1#10.140)
pixels