Coolpad Pede Kuasai Pasar Smartphone Indonesia

Selasa, 07 Juli 2015 - 11:34 WIB
Coolpad Pede Kuasai Pasar Smartphone Indonesia
Coolpad Pede Kuasai Pasar Smartphone Indonesia
A A A
JAKARTA - Nama Coolpad mungkin belum populer di Indonesia. Tapi, vendor asal China itu sudah berani memasang target menguasai pasar smartphone Indonesia sebesar 10% dalam kurun waktu 3 tahun.

Belum lama ini, produsen yang masuk ke pasar smartphone sejak 2009 ini, merilis tiga model smartphone sekaligus ke Indonesia. Yakni Coolpad Soar, Coolpad Star dan Coolpad Sky. Ketiga ponsel 4G LTE itu menyasar segmen menengah ke atas, dengan harga banderol Rp5,5 juta, Rp3 juta, dan Rp2,3 juta.

”Indonesia menjadi negara keempat yang jadi ekspansi Coolpad,” ungkap Chairman of Coolpad Group, Guo Deying. Dia menjelaskan, hal ini disebabkan pengguna smartphone di Indonesia sangat besar, mencapai lebih dari 24 juta unit dan akan terus mengalami kenaikan, seiring permintaan akan komunikasi yang lebih nyaman, lebih canggih.

Apalagi dengan kehadiran teknologi 4G LTE. Tidak seperti vendor lainnya yang masih “testing the water”, Coolpad sangat serius dan yakin untuk masuk ke pasar Indonesia. Mereka telah membuka kantor resminya di Jakarta.

Keseriusan itu, salah satunya karena tahun ini merupakan momentum bagi Coolpad untuk melakukan ekspansi global ke luar China, yaitu ke Indonesia, Afrika, Eropa Timur, Asia Tenggara, India, dan Amerika Serikat. Target yang diusung Coolpad lumayan tinggi, karena mereka tidak hanya sebagai pendatang baru, tapi juga menyasar segmen konsumen menengah (mid-high) dan atas (high end) yang notabene lebih kecil dibanding low end.

Strategi pemasaran Coolpad di Indonesia bisa dibilang sporadis. Pertama, mereka melakukan bundling dengan operator Telkomsel. ”Kami menyediakan paket bundling dengan benefit data,” tutur Basuki Ebtayani, GM Device Bundling and Customization Telkomsel. Kemudian, strategi flash sale lewat toko online juga dilakukan. Begitupun penjualan secara tradisional melalui kerja sama dengan 1.000 ritel di 25 kota.

”Targetnya hingga akhir 2015 ada 2.000 penjual di seluruh kota besar. Kami sudah siapkan bujetnya, untuk kampanye, maupun celebrity endorser,” pungkas Guo.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7667 seconds (0.1#10.140)
pixels