Kompetisi Ciptakan Robot untuk Penanggulangan Bencana

Senin, 22 Juni 2015 - 08:40 WIB
Kompetisi Ciptakan Robot untuk Penanggulangan Bencana
Kompetisi Ciptakan Robot untuk Penanggulangan Bencana
A A A
JAKARTA - Pakar telematika Onno W. Purbo menilai saat ini penggunaan perangkat keras sudah mudah dan murah. Menurutnya ketika berbicara di IoT (Internet of Things) Makers Meetup Fasilkom Universitas Indonesia.

Onno memaparkan sejumlah perangkat seperti Raspberry Pi, Arduino, dan sejumlah sensor yang dapat dipakai untuk mitigasi bencana dengan memanfaatkan konsep Internet of Things.

Seperti dikatakan dalam keterangan tertulis, Senin (22/6/2015), IoT Makers Meetup adalah sebuah diskusi pemanasan sebelum masuk ke kompetisi Compfest 7 yang diselenggarakan oleh Fasilkom Universitas Indonesia.

Acara yang didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini juga dihadiri oleh Ketua Komunitas Arduino Indonesia Zerfani Yulias dan Adiatmo Rahardi Ketua Komunitas Robot Indonesia.

Adiatmo Rahardi selaku ketua dewan juri IoT Compfest 7 menyampaikan bahwa perlu ada kompetisi pembuatan aplikasi Internet of Things untuk membantu masyarakat dan berbagai pihak dalam pengurangan resiko bencana. "Kompetisi diperlukan agar kita siap jika menghadapi bencana dengan berbagai macam penemuan teman-teman IT" kata Adiatmo.

"Saya ingin sekali bahwa teman-teman developer IT berpikir membuat sendiri sistem IT untuk Indonesia. Saat ini orang Indonesia membayar USD300 juta hanya untuk lisensi perangkat lunak di komputer pribadi. Inilah saatnya kita menjadi produsen bukan hanya konsumen." kata Onno menutup IoT Makers Meetup.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4322 seconds (0.1#10.140)