Cara Restart Android Tanpa Tekan Tombol Power, Ternyata Gampang!

Selasa, 17 Januari 2023 - 21:53 WIB
loading...
Cara Restart Android Tanpa Tekan Tombol Power, Ternyata Gampang!
Cara restrat Android tanpa tekan tombol power mudah dilakukan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara restrat Android tanpa tekan tombol power ternyata sangat mudah. Memang tombol power yang tidak berfungsi menjadi salah satu masalah yang mungkin dapat dijumpai para pemilik smartphone Android.

Kalau sudah begini, tentu akan sulit untuk mematikan atau melakukan restart perangkat.

Tapi, jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut tanpa menekan tombol power. Bagaimana caranya? Berikut paparannya, melansir dari 91mobiles, Selasa (17/1):

Menggunakan opsi recovery mode
Cukup colokkan kabel USB Anda dan tetap tahan tombol volume turun / volume naik untuk masuk ke recovery mode atau mode pemulihan. Di sini ketika menu muncul, cukup ketuk keluar, dan reboot perangkat.

Perlu diketahui bahwa bahasa yang digunakan mungkin akan berbeda di setiap perangkat. Tapi secara garis besar, smartphone Android dari produsen manapun dan versi Android apapun langkah-langkah masih sama.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga
Aplikasi pihak ketiga seperti Power Menu dan Shutdown memungkinkan Anda merestart perangkat tanpa menekan tombol power. Download aplikasi tersebut di Play Store, berikan izin aksesibilitas, lalu buka aplikasi dan mulai restart perangkat.

Menggunakan fitur hidup/mati terjadwal
Sebagian besar smartphone keluaran baru hadir dengan fitur hidup dan mati terjadwal. Jika Anda hanya ingin me-restart telepon, cukup atur waktunya. Coba untuk pasang waktu mati perangkat misal pukul 23:58 dan nyalakan pukul 00:00.

BACA JUGA: 6 Game Xbox 360 Terbaik Sepanjang Masa

Menggunakan ADB
Metode yang satu ini berfungsi di Android secara eksklusif. Agar ini berfungsi, Anda harus mengaktifkan opsi pengembang ponsel cerdas Anda dan mengaktifkan USB debugging dengan buka Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk Nomor pembuatan beberapa kali hingga melihat pesan bahwa Anda adalah seorang pengembang sekarang.

Selanjutnya, buka Pengaturan Android> Opsi pengembang> USB debugging. Hubungkan ponsel Android dengan PC atau laptop melalui kabel USB. Setelah itu, Anda akan melihat notifikasi bahwa USB debugging telah terhubung.

Unduh dan instal Android Debug Bridge (ADB) ke PC atau laptop Anda. Temukan direktori ini C:adb dan buka command prompt di sini dengan mengetikkan cmd di direktori lokasi komputer Anda. Ketik perangkat adb dan tekan Enter.

Ini akan menunjukkan kepada Anda nomor seri (IMEI) dari telepon yang terhubung. Ketik adb reboot dan tekan Enter. Dengan begitu maka smartphone Android Anda akan segera merestart secaraotomatis.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2317 seconds (10.101#12.26)