7 Alasan Mengapa Smartphone Lipat Sangat Populer di 2022

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:00 WIB
loading...
7 Alasan Mengapa Smartphone Lipat Sangat Populer di 2022
Smartphone lipat akhirnya menemukan penggunanya sendiri selama 2022, dengan pertumbuhan penjualan tinggi. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Ponsel lipat/foldable Samsung semakin mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Pertumbuhan penjualan ponsel lipat Samsung di Indonesia selama 2019-2021, misalnya, mencapai 127 kali lipat. Termasuk juga HP lipat Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 yang mendapat respons positif.

”Kita lihat HP seperti Galaxy Z Flip4 5G menawarkan sesuatu yang baru lewat bentuk yang ringkas, tapi tidak mengorbankan eksperiens pengguna,” beber Verry Octavianous, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Menurut Verry, mereka bisa menggunakan HP lipat dengan berbagai cara. “Nonton jadi tidak pekal, mudah saat angkat telpon, atau atur musik tanpa buka perangkat lewat cover screen. Begitu juga adanya berbagai aksesori yang mendukung fashion statement. Hal-hal seperti sangat unik dan memberi pengalaman berbeda,” katanya.

Nah ini, berikut alasan mengapa HP lipat semakin populer dan diterima oleh konsumen di Indonesia.

1. Lebih Ringkas
Desain HP lipat lebih unik dari smartphone biasa pada umumnya. Ini tidak terlepas dari form factor clamshell di Galaxy Z Flip4 5G atau model “buku” di Galaxy Z Fold4. Sehingga membuat perangkat lipat lebih ringkas dibanding HP lain.

Pengguna pun memiliki ruang lebih lega untuk membawa barang lain dengan praktis. Seperti dompet, hand sanitizer, hingga make up tanpa perlu bawa tas besar.

2. Cara Penggunaan Berbeda
7 Alasan Mengapa Smartphone Lipat Sangat Populer di 2022

HP lipat memberikan pengalaman berbeda. Mulai dari cara menggenggam, menonton konten, bahkan untuk membuat video/konten secara hands free.

3. Aksesoris
HP seperti Galaxy Z Flip4 5G memiliki beragam opsi aksesori untuk menunjang desainnya. Sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman HP lipat yang bisa menunjang fashion sehari-hari.

4. Widget
Ada sejumlah fitur yang dioptimalkan untuk HP lipat dan tidak bisa ditemukan di smartphone biasa. Samsung, misalnya, memberi Widget di Cover Screen Galaxy Z Flip4 5G, untuk memutar musik, mengangkat panggilan dengan sekali swipe, bahkan membuat panggilan. Semua itu dilakukan dalam kondisi perangkat yang tetap tertutup.

5. Kustomisasi Bespoke
Galaxy Z Flip4 5G punya 4 warna Bora Purple, Pink Gold, Blue, dan Graphite. Tapi, Samsung juga menghadirkan Galaxy Z Flip4 5G Bespoke Edition di Indonesia dimana pengguna bisa menentukan desain perangkat sesuai keinginan lewat pilihan warna seperti Red, Khaki, Yellow, White, hingga Navy. Pengguna bisa mix and match dengan outfit yang akan digunakan.



6. Harga Semakin Terjangkau
Harga HP foldable semakin terjangkau. Bayangkan, Samsung merilis HP lipat Galaxy Fold pertama pada 2019 dengan banderol Rp30.888.000.
Pada 2022, Galaxy Z Fold4 termurah bisa didapatkan di harga Rp24.999.000. Bahkan, Galaxy Z Flip4 128 GB menjadi ponsel lipat termurah yang dirilis Samsung di 2022 dengan banderol Rp13.999.000.

7.Durabilitas
7 Alasan Mengapa Smartphone Lipat Sangat Populer di 2022

Awalnya banyak konsumen yang meragukan durabilitas layar ponsel lipat. Tapi, saat ini mereka sudah semakin yakin dengan kualitas HP lipat. Selain engsel lebih kokoh, bahkan sudah dibekali fitur seperti IPX8, hingga GorillaGlassVictus+.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3105 seconds (0.1#10.140)