Pertama Dirilis Pada 2007, iPhone Rayakan Ulang Tahun ke-16

Selasa, 10 Januari 2023 - 20:04 WIB
loading...
Pertama Dirilis Pada 2007, iPhone Rayakan Ulang Tahun ke-16
Mendiang Steve Jobs yang menjadi CEO Apple ketika mengenalkan iPhone pertama pada 2007. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Senin (9/1) silam menandai 16 tahun sejak CEO Apple Steve Jobs mengumumkan kehadiran ponsel tersebut di atas panggung Macworld Expo di San Francisco, California.

Sebelumnya, Apple memang dikenal dengan perangkat iPod. Maka, Steve Jobs benar-benar membuat kejutan ketika akhirnya merilis sebuah HP.

Pertama Dirilis Pada 2007, iPhone Rayakan Ulang Tahun ke-16

Wajar, saat berdiri di atas panggung di Macworld Expo , Jobs mengucapkan kata-kata legendaris ini: “hari ini Apple bakal menemukan kembali teknologi komunikasi,” kata Jobs.

iPhone muncul dengan desain yang futuristik, lewat layar multisentuh tanpa keyboard fisik, serta iPhoneOS. Ini sangat berbeda dengan HP yang mendominasi pasar saat itu, BlackBerry, yang memakai keyboard fisik.

Jobs saat itu mendeskripsikan dengan jelas terobosan yang dimiliki iPhone. Saat itu, ia menyebut iPhone dengan “iPod berlayar sentuh, telepon, serta perangkat komunikasi dengan koneksi internet,”.

Pertama Dirilis Pada 2007, iPhone Rayakan Ulang Tahun ke-16

iPhone pertama memiliki layar hanya 3.5 inci, kamera 2 MP, serta bodi dari aluminium dan plastik.

Namun, setiap tahun Apple terus memperbarui iPhone dengan fitur dan kemampuan baru. iPhone 4 pada 2010 misalnya, mengalami perubahan desain yang signifikan. Terutama lewat tepian yang datar, layar Retina, prosesor A4, kamera 5 MP, hingga lampu LED.

Dua tahun kemudian, lewat iPhone 5 Apple juga merombak desain iPhone. Antara lain dengan layar lebih besar dan tajam, chip A6, serta desain tipis.
Bahkan, Apple mengklaim sebagai smartphone tertipis di dunia. Kameranya 8 MP.

Di tahun-tahun berikutnya, Apple mengenalkan beberapa inovasi yang terus bertahan hingga hari ini. Antara lain Touch ID dan Face ID, kamera canggih, desain ramping, serta ekosistem perangkat yang terintegrasi erat. .

Saat ini, jajaran iPhone memiliki lima model berbeda: iPhone SE, iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.



Desain iPhone saat ini sudah jauh berbeda dan lebih canggih dibandingkan iPhone yang pertama diluncurkan. Mulai layar tanpa Tombol, bezel tipis, pengenalan wajah, perekaman video 4K, kamera 48MP, Dynamic Island, kecepatan refresh lebih tinggi, serta kemampuan iOS 16.

Saat ini, iPhone menyumbang pendapatan terbesar untuk Apple yang mencapai USD 42 miliar pada 2022, lebih dari kombinasi antara Mac, iPad, dan perangkat wearablemereka.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)