Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik Streaming, Browsing, dan Game Online Melonjak

Selasa, 03 Januari 2023 - 20:31 WIB
loading...
Liburan Natal dan Tahun Baru 2023, Trafik Streaming, Browsing, dan Game Online Melonjak
Rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru di jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkat sebesar 8% dibanding hari normal. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - Selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru) , masyarakat Indonesia sibuk mengakses layanan streaming video serta bermain game. Hal tersebut yang terlihat dari monitoring trafik XL Axiata pada 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru di jaringan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meningkat sebesar 8% dibanding hari normal dan 29% dibanding periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya.

Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibanding kondisi hari normal. Layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibanding hari biasa.

Selain streaming, kenaikan drastis lainnya juga terjadi untuk file access, game serta web browsing. Untuk trafik streaming mengalami peningkatan sebesar 25% dibanding trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9% dari hari normal, Twitter 6%, Instagram 19%.

Pada layanan berbagi video, trafik YouTube meningkat 24% dan Tiktok 22%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39% dan Telegram 737%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3%, Joox naik 2%. Untuk game, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35% dari hari normal. Lalu Free Fire naik 78%.

Pada layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70% dibandingkan hari normal, Disney+ 36%, Vidio 5%, WeTV 55%, dan Amazon Prime Video 61%.
Selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps meningkat sebesar 42%, Waze GPS meningkat sebesar 40% dan Apple Map sebesar 21%.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru ditengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali.

Menurut Gede, XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan di sekitarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)