Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop

Selasa, 03 Januari 2023 - 14:52 WIB
loading...
Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop
Cara Memunculkan Keyboard Arab di Laptop. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara memunculkan keyboard Arab di Laptop untuk mengetik, tidak harus menggunakan keyboard fisik. Seiring waktu, keyboard virtual kini juga bisa digunakan untuk mengetik hurup Arab.



Untuk memunculkan huruf-huruf bahasa Arab, maka terlebih dahulu harus melakukan pengaturan huruf keyboard pada sistem operasi Windows. Tetapi jika ingin mengetahui tata letak huruf Arab secara pasti, disarankan untuk mengaktifkan keyboard virtual.

Di Indonesia sendiri, bahasa Arab merupakan bahasa yang juga sering digunakan dalam pengetikan, terutama ketika menulis ayat suci Alquran atau sedang belajar bahasa Arab.

Berikut cara memunculkan keyboard Arab di laptop.

1. Mengaktifkan pilihan bahasa Arab di laptop

Sebelum menggunakan keyboard Arab, Anda harus mengaktifkan pilihan bahasa Arab untuk keyboard bahasa Arab Anda. Hal ini untuk memudahkan menggunakan bahasa Arab secara keseluruhan.

1. Klik ikon Windows

2. Buka Settings

3. Pilih menu Time & Language

4. Klik menu “Language” dan tekan tombol “Add a language”

5. Pilih bahasa Arab atau “Arabic (Saudi Arabia)

6. Klik “Next” dan centang box “Install language pack”, lalu tekan tombol “Install”

7. Bila unduhan telah selesai, maka aktifkan bahasa Arab pada keyboard

2. Mengaktifkan bahasa Arab di keyboard

Jika sudah selesai menginstall pilihan bahasa Arab untuk keyboard Arab Anda, maka kini Anda hanya perlu mengaktifkan bahasa Arab di keyboard. Tetapi karena keyboard yang digunakan tetaplah huruf latin, maka Anda harus mengingat posisi huruf Arab yang ada di huruf latin. Berikut cara mengaktifkannya:

1. Klik kanan pada Taskbar

2. Pilih “Show touch keyboard”

3. Klik kiri pada “Touch keyboard button”.

4. Tekan ENG dan pilih “Arabic”

Jika sudah selesai, keyboard Arab Anda kini telah aktif. Anda bisa mengetik bahasa Arab dengan keyboard, namun tetap harus menghafal tata letak bahasa Arabnya.

3. Menggunakan keyboard Arab virtual

Jika Anda belum mampu mengingat tata letak huruf bahasa Arab pada keyboard Arab yang tadi telah aktif, maka ada cara yang lebih mudah. Cara ini menggunakan keyboard Arab virtual online.

Jika menggunakan ini, Anda tidak perlu mengaktifkan bahasa Arab di laptop. Hanya perlu menggunakan mouse atau touchbar untuk mengarahkan keyboard.

Daripada menggunakan keyboard Arab bawaan laptop, keyboard Arab virtual menghadirkan beberapa keunggulan, yaitu bisa menulis bahasa Arab gundul maupun berharakat. Beberapa situs yang menghadirkan keyboard Arab virtual adalah, Arabic-keyboard.org dan Branah.com.

Tidak hanya dua situs di atas, Anda bisa mengetikkan “keyboard Arab virtual” di kolom pencarian, dan berbagai situs penyedia keyboard Arab online akan bermunculan.

MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2023 seconds (0.1#10.140)