Sering Digunakan untuk Berbagi File, Begini Cara Kerja AirDrop

Minggu, 25 Desember 2022 - 16:09 WIB
loading...
Sering Digunakan untuk Berbagi File, Begini Cara Kerja AirDrop
AirDrop bekerja menggunakan enkripsi TLS melalui koneksi Wi-Fi peer-to-peer yang mirip dengan Bluetooth untuk mentransfer file. Koneksi ini memungkinkan perangkat berkomunikasi langsung tanpa internet. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Pengguna perangkat Apple pasti pernah menggunakan AirDrop untuk berbagi file, foto, dan lainnya secara nirkabel. Tapi jarang yang tahu bagaimana fitur yang satu ini bekerja.



Lantas bagaimana cara kerja AirDrop dan seperti apa teknologi yang mendasarinya? Untuk menjawabnya, simak ulasan berikut, seperti dihimpun dari Android Authority, Sabtu (24/12/2022).

AirDrop bekerja menggunakan enkripsi TLS melalui koneksi Wi-Fi peer-to-peer yang mirip dengan Bluetooth untuk mentransfer file. Koneksi ini memungkinkan perangkat berkomunikasi langsung tanpa internet.

Komunikasi terjadi melalui Apple Wireless Direct Link menggunakan alamat IPv6 link-lokal yang dihasilkan, bukan alamat

MAC tetap chip Wi-Fi yang artinya perangkat yang ingin mengirim AirDrop memancarkan sinyal Bluetooth untuk mendeteksi perangkat di sekitarnya.

Itu juga membuat identitas iCloud berdasarkan alamat email dan nomor telepon yang terkait dengan ID Apple pengguna.

Setelah perangkat dengan AirDrop diaktifkan ditemukan, koneksi Wi-Fi peer-to-peer dibuat di antara keduanya.

Jadi meskipun pengguna harus mengaktifkan Wi-Fi di kedua perangkat, mereka tidak perlu bergantung pada router untuk internet.

Perangkat lunak dasar yang digunakan AirDrop adalah Bonjour, alat penemuan layanan bawaan Apple untuk sistem operasi macOS dan iOS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)