Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:12 WIB
loading...
Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi
Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jaringan internet memiliki sejarah yang sangat panjang sebelum bisa kita nikmati seperti saat ini.



Berkembangnya jaringan internet tentunya membawa beberapa dampak, yakni penyebaran informasi yang sangat mudah. Hanya dengan sekali search, informasi akan banyak tersaji dari berbagai media.

Dampak lainnya adalah internet dapat memudahkan aktivitas manusia. Pandemi covid-19 menjadi ajang pembuktian bahwa internet telah berkembang secara pesat. Hampir segala aktivitas manusia dialihkan secara daring.

Lalu apa sebenarnya pengertian jaringan internet? Bagaimana jaringan internet tercipta serta apa manfaat dan fungsinya?

1. Pengertian Jaringan Internet

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Menurut para ahli, internet adalah suatu bentuk interkoneksi antar jaringan komputer dan dapat memudahkan aktivitas manusia.

2. Sejarah dan Perkembangan Jaringan Internet

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dan dibuat oleh Advanced Research Project Agency (ARPA). Pada saat itu, internet masih bernama ARPANET dan hanya digunakan untuk keperluan militer.

Saat itu, ARPANET hanya berbentuk jaringan komputer yang menghubungkan pangkalan-pangkalan militer Amerika Serikat. Barulah pada tahun 1980, internet mulai digunakan oleh kampus atau universitas di Amerika Serikat.

Hadirnya TCP/IP membuat jaringan internet semakin berkembang pesat. Pada 1986, Amerika Serikat membentuk badan riset baru, yaitu National Science Foundation Network (NSFNET) yang nantinya akan menggantikan ARPANET.

NSFNET sangat berjasa menghubungkan sejumlah jaringan ke berbagai negara.

Pada 1993, muncul aturan baru yang mengwajibkan komputer yang terhubung ke internet haru memiliki tanda pengenal. Tanda pengenal ini adalah alamat IP atau domain berupa symbol numerik atau format tertentu.

Layanan pendaftaran domain bernama InterNIC hadir setelah peraturan ini diterapkan.

Seiring berkembangnya waktu, jaringan internet tidak hanya menghubungkan komputer.

Saat ini, internet bisa menghubungkan device yang memiliki teknologi terbaru seperti smartphone, televisi, jam tangan, bahkan alat pemesan makanan pun sudah dapat terhubung dengan internet.

3. Manfaat dan Fungsi Jaringan Internet

Terdapat beberapa fungsi yang dihadirkan oleh jaringan internet, di antaranya sebagai berikut:

4. Sumber Informasi, Edukasi, dan Budaya

Berkembangnya Internet membuat informasi semakin mudah ditemukan. Sudah banyak media massa yang tersedia di online. Semua orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi hanya dengan mengetiknya di mesin pencari.

Anda dapat menemukan buku, jurnal ilmiah, dan penelitian yang tersebar di internet.

5. Media Hiburan

Saat ini, banyak orang yang menggunakan internet untuk kepentingan hiburan. Aplikasi seperti Instagram, Youtube, TikTok, dan lain-lain telah menyajikan berbagai macam foto dan video yang dapat anda nikmati.

Berkembangnya jaringan internet juga melahirkan game online yang menghubungkan berbagai pemain di seluruh dunia.

6. Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi

Hadirnya marketplace online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain-lain. Ojek online juga hadir sebagai dampak dari berkembangnya jaringan internet. Hal ini tentu saja memudahkan orang untuk mencari uang.

7. Memudahkan Komunikasi

Hadirnya aplikasi seperti Whatsapp, Line, Telegram, dan lain-lain tentunya memudahkan aktivitas komunikasi. Jarak yang jauh bukan merupakan suatu masalah di era internet ini.

Itulah pembahasan tentang jaringan internet. Berkembangnya internet tentunya membawa banyak manfaat untuk manusia.

MG/Ari Achmad Dhani
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3432 seconds (0.1#10.140)