Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:12 WIB
loading...
Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi
Pengertian Jaringan Internet, Sejarah, Manfaat, dan Fungsi. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jaringan internet memiliki sejarah yang sangat panjang sebelum bisa kita nikmati seperti saat ini.



Berkembangnya jaringan internet tentunya membawa beberapa dampak, yakni penyebaran informasi yang sangat mudah. Hanya dengan sekali search, informasi akan banyak tersaji dari berbagai media.

Dampak lainnya adalah internet dapat memudahkan aktivitas manusia. Pandemi covid-19 menjadi ajang pembuktian bahwa internet telah berkembang secara pesat. Hampir segala aktivitas manusia dialihkan secara daring.

Lalu apa sebenarnya pengertian jaringan internet? Bagaimana jaringan internet tercipta serta apa manfaat dan fungsinya?

1. Pengertian Jaringan Internet

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan jaringan komputer di seluruh dunia. Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Menurut para ahli, internet adalah suatu bentuk interkoneksi antar jaringan komputer dan dapat memudahkan aktivitas manusia.

2. Sejarah dan Perkembangan Jaringan Internet

Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 dan dibuat oleh Advanced Research Project Agency (ARPA). Pada saat itu, internet masih bernama ARPANET dan hanya digunakan untuk keperluan militer.

Saat itu, ARPANET hanya berbentuk jaringan komputer yang menghubungkan pangkalan-pangkalan militer Amerika Serikat. Barulah pada tahun 1980, internet mulai digunakan oleh kampus atau universitas di Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1438 seconds (0.1#10.140)