Di Tengah Ancaman Serangan di Dunia Maya, Keberadaan SOC Menjadi Prioritas

Senin, 19 Desember 2022 - 19:28 WIB
loading...
Di Tengah Ancaman Serangan di Dunia Maya, Keberadaan SOC Menjadi Prioritas
Foto: Doc. Sindonews
A A A
Mengingat meningkatnya ancaman serangan dunia maya maka keberadaan Pusat Operasi Keamanan (SOC) dinilai sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Tim dalam organisasi yang bertugas mengidentifikasi, mencegah, menyelidiki, dan menanggapi ancaman dunia maya dikenal sebagai Pusat Operasi Keamanan (SOC). SOC harus memantau jaringan perusahaan sepanjang waktu dan mengelola segala kemungkinan risiko terhadap informasi sensitif, sistem komputasi, dan aset digital lainnya.

Tim keamanan dalam SOC menggunakan campuran solusi teknologi dan landasan prosedur yang kokoh. Analis keamanan, insinyur, dan manajer yang bertanggung jawab atas operasi keamanan biasanya membentuk tim di sana. Tim tanggap insiden, yang memastikan bahwa kerentanan keamanan ditangani segera setelah ditemukan, bekerja sama erat dengan tim.

Tidak semua bisnis dapat mendirikan pusat operasi keamanan. Ada beberapa penyebab untuk ini, tetapi kekurangan sumber daya adalah penyebab umum. Mereka kekurangan sumber daya yang diperlukan, seperti waktu dan uang untuk menyiapkannya. Karena itu, outsourcing SOC Anda mungkin sangat bermanfaat.

SOC sangat penting bagi kapasitas organisasi untuk mempertahankan operasi, terus menguntungkan, dan mencapai serta mempertahankan kepatuhan terhadap undang-undang yang relevan mengingat meningkatnya ancaman serangan dunia maya. Namun, membangun SOC internal dan mencapai tingkat kematangan keamanan yang tinggi dapat memakan biaya dan waktu. Karena itu, banyak bisnis berpikir untuk menggunakan solusi SOC-as-a-Service dan layanan keamanan outsourcing lainnya.

Kemampuan bisnis untuk mengelola SOC yang efisien dan berkembang secara internal bergantung pada berbagai faktor. Karena kesenjangan bakat dalam keamanan siber, sulit untuk menemukan dan mempertahankan pekerja terampil. Selain itu, untuk memberikan keamanan siber yang sukses, sejumlah solusi keamanan harus dibeli. Solusi ini harus mampu menangani dan memitigasi berbagai potensi ancaman.

Penawaran untuk SOC-as-a-Service memungkinkan organisasi mendelegasikan tugas keamanannya ke vendor yang berbeda. Penyedia SOC-as-a-Service menangani pemantauan jaringan sepanjang waktu dan keamanan yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari ancaman dunia maya kontemporer alih-alih menempatkan SOC dengan layanan lengkap di rumah.

Deteksi dan perbaikan yang lebih cepat, pengurangan risiko dunia maya, peningkatan ketangkasan dan skalabilitas bisnis, penghematan biaya, staf keamanan yang lebih baik, akses ke pakar keamanan khusus, total biaya kepemilikan yang lebih rendah, peningkatan kematangan keamanan, dan keamanan modern adalah beberapa keuntungan menggunakan SOC as a service.

Security and Connectivity (SnC), menawarkan semua keunggulan yang tercantum di atas. SNC sepenuhnya menyadari perlunya menjaga privasi pengguna dan keamanan data untuk kelangsungan bisnis dan kepercayaan pemangku kepentingan, khususnya dalam hal pelanggan atau klien.

Cybersecurity, juga dikenal sebagai Cyberspace Security, adalah upaya untuk menjaga ketersediaan, kerahasiaan, dan integritas dunia maya itu sendiri, menurut ISO (International Organization for Standardization).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)