Eropa Tetapkan Seluruh Ponsel Harus Gunakan USB-C pada Desember 2024

Jum'at, 09 Desember 2022 - 14:00 WIB
loading...
Eropa Tetapkan Seluruh Ponsel Harus Gunakan USB-C pada Desember 2024
negara-negara anggota Uni Eropa memiliki waktu hingga 28 Desember 2023 untuk menerbitkan peraturan tentang pengisian daya USB-C di negara masing-masing. FOTO/ IST
A A A
BERLIN - Uni Eropa memutuskan bahwa seluruh ponsel yang beredar di Eropa harus sudah menggunakan USB-C paling lambat pada 28 Desember 2024.

BACA JUGA - Tiga Pejabat Top Apple Tinggalkan Proyek Mobil Otonom Apple

Keputusan ini berlaku untuk seluruh gawai mulai dari smartphone, tablet, headphone, speaker portable, dan banyak jenis perangkat lainnya termasuk produk Apple.

Namun begitu, khusus untuk perangkat yang mendukung pengisian tanpa kabel atau wireless mendapat pengecualian.

Seperti dilansir dari Engadget, Jumat (9/12/2022), negara-negara anggota Uni Eropa memiliki waktu hingga 28 Desember 2023 untuk menerbitkan peraturan tentang pengisian daya USB-C di negara masing-masing.

Mereka harus mulai menerapkan aturan itu satu tahun kemudian.

Pabrikan laptop memiliki waktu sedikit lebih lama untuk mematuhi aturan. Jika mereka belum melakukannya, mereka harus beralih ke USB-C pada April 2026.

Selain itu, perangkat dengan dukungan pengisian cepat akan memiliki kecepatan pengisian yang sama, kata Uni Eropa.

Dengan demikian, masyarakat Uni Eropa akan dapat mengisi daya perangkat dengan kecepatan yang sama dengan pengisi daya apa pun yang kompatibel.

Meskipun sepertinya perusahaan tidak punya banyak pilihan, Apple telah mengatakan akan mematuhi aturan dan menempatkan port pengisian USB-C di iPhone yang dijual.

Secara teknis, Apple sebenarnya tidak bisa mengadopsi pengisian daya USB-C di iPhone hingga sekitar tahun 2025, tetapi laporan menunjukkan bahwa perusahaan dapat beralih paling cepat tahun depan.

Kita tunggu saja apakah ini benar-benar dilakukan oleh perusahaan berlogo apel digigit tersebut.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1802 seconds (11.97#12.26)