ChatGPT Solusi Kerjakan Tugas Otomatis dengan Open AI

Senin, 05 Desember 2022 - 14:23 WIB
loading...
ChatGPT Solusi Kerjakan Tugas Otomatis dengan Open AI
ChatGPT Solusi Kerjakan Tugas Otomatis dengan Open AI. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - ChatGPT saat ini jadi pembahasan, ChatGPT merupakan prototipe chatbot pintar berbasis Artificial Intelligence (AI) milik OpenAI.



ChatGPT teknologi yang mampu merespons dan memahami seluruh pertanyaan, bahkan yang detail sekali pun. Jawaban yang diberikan pun tidak kalah mendetail.

Seperti dilansir dari Indiana Times, tak seperti chatbot pada umumnya, ChatGPT bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan dengan gaya bahasa apapun, seperti sedang berbicara dengan manusia.

Teknologi pada ChatGPT menggunakan GPT-3.5 dengan deep-learning, yang dapat memproduksi atau memprediksi suatu teks dengan detail dan cepat.

Kecanggihan lain yang dimiliki oleh ChatGPT ialah memorinya yang kuat dan tersimpan rapih. ChatGPT mampu mengingat percakapan sebelumnya, lalu menceritakannya ulang kepada pengguna.

Hingga saat ini, ChatGPT sangat berguna bagi para programmer. Karena programmer yang bekerja dengan banyak step dan bahasa pemrograman yang beragam, sumber dan bahan referensinya pun masih terbatas. Dengan adanya ChatGPT, hal ini dapat terbantu.

Contohnya, ChatGPT dapat menjawab pertanyaan bugs yang error pada source code, hingga detail bagaimana cara fiksasinya.

Tak hanya itu, ChatGPT pun dapat diperintah untuk membuat komponen website dengan teknis spesifik dan tampilan yang responsif.

Lainnya, ChatGPT dapat pula menjelaskan bagaimana cara membuat aplikasi, bahkan menuangkan penjelasannya dalam bahasa python.

Tak hanya bagi programmer, seorang YouTuber bernama Liv Boeree melalui unggahan Twitternya mengatakan, ChatGPT dapat melakukan pekerjaan rumah untuk para siswa.

Hal ini lantaran ChatGPT dapat diperintah untuk menulis esai secara lengkap dan benar, juga memecahkan persamaan matematika yang kompleks.

Beberapa pengguna membandingkan hasil pencarian Google dengan hasil jawaban dari ChatGPT. Hasilnya, jawaban dari ChatGPT lebih banyak dimengerti, karena seperti diajar secara langsung oleh manusia sungguhan.

Sejauh ini, OpenAI baru membuka ChatGPT untuk evaluasi dan pengujian beta, dan akan dibuka untuk publik pada tahun depan dengan akses Application Programming Interface (API).

Walaupun masih dalam tahap pengujian beta, namun kemampuan ChatGPT sudah dinilai luar biasa oleh banyak pengguna.

Tetapi walaupun kecanggihannya banyak diagung-agungkan di media sosial, karena masih dalam tahap pengujian beta, beberapa pengguna pun mencoba mencari celah kekurangan dari ChatGPT. Ditemukan bahwa ChatGPT masih rentan terhadap kesalahan informasi dan bias.

Beberapa pertanyaan pun bisa saja salah saat dijawab oleh ChatGPT. Namun karena jawaban yang diberikan oleh ChatGPT panjang, mendetail, dan terlihat kompleks, para pengguna dengan mudah memercayainya begitu saja. Hal ini telah menjadi catatan bagi OpenAI.

Untuk menggunakan ChatGPT milik OpenAI, Anda dapat membuka laman URL https://openai.com/blog/chatgpt. Daftarkan akun Anda, lalu mulailah berinteraksi dengan ketik berbagai pertanyaan Anda.

MG/Sekar Rahmadiana Ihsan
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)