Parents Wajib Tahu! Pasang WiFi di Rumah jadi Bikin Hemat dan Gak Khawatir Kehabisan Kuota

Senin, 05 Desember 2022 - 11:22 WIB
loading...
Parents Wajib Tahu! Pasang WiFi di Rumah jadi Bikin Hemat dan Gak Khawatir Kehabisan Kuota
Solusi untuk aktivitas digital di rumah dengan Biznet melalui layanan Biznet Home, Internet WiFi yang bebas Fair Usage Policy (FUP) atau kuota unlimited.
A A A
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi yang terjadi sejak 2020 yang lalu membuat segala kegiatan berubah serba digital dan online, termasuk belajar hingga mencari hiburan di rumah. Perubahan ini pun membuat orang mau tidak mau harus selalu terkoneksi dengan jaringan Internet.

Bagi yang tidak memasang Internet WiFi di rumah, pastinya harus memiliki kuota internet yang besar agar bisa terus mengakses Internet untuk kegiatan digital sehari-hari. Karena tidak hanya orang dewasa, penggunaan internet oleh anak-anak pun semakin meningkat akibat aktivitas harian yang kini serba online.

Terlebih kegiatan sekolah saat ini juga sudah menggunakan konsep e-learning di mana membutuhkan koneksi Internet yang mumpuni untuk mengerjakan tugas atau ujian sekolah.

Keadaan ini tentu membuat orang tua perlu memahami bahwa internet sangat penting mendukung semua aktivitas sehari-hari. Namun diperlukan juga batasan-batasan pada anak ketika menggunakan internet yang bijak, simak dulu beberapa tips atau cara agar anak tetap aman saat menggunakan Internet:

1. Berteman di Media Sosial
Jika anak sudah memiliki akun media sosial, tidak ada salahnya orang tua juga berteman dengannya di media sosial. Hal ini baik dilakukan agar orang tua dapat mengetahui teman-temannya dan juga aktivitas yang anak lakukan di media sosial.

Ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu langkah kontrol digital orang tua kepada anak. Karena media sosial nyatanya bisa menjadi tempat anak dalam berkreasi, sehingga kontrol digital ini dilakukan agar orang tua dapat membimbing anak untuk berkreasi yang sesuai dengan batasan.

2. Menjadi Orang Tua yang Selalu Belajar
Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, sehingga para orang tua perlu terus belajar memahami teknologi yang ada. Update terus pengetahuan terkini mengenai teknologi yang ada, termasuk mencoba beragam aplikasi termasuk games anak terbaru.

Jadi, orang tua bisa cukup menguasi teknologi yang ada terlebih dahulu sebelum diperkenalkan ke anak. Selain itu, orang tua juga jadi dapat memberi tahu anak mana teknologi yang boleh dan tidak boleh digunakan oleh anak.

3. Explore Bersama Anak
Parents Wajib Tahu! Pasang WiFi di Rumah jadi Bikin Hemat dan Gak Khawatir Kehabisan Kuota


Dunia digital memang bisa menjadi tempat anak untuk menemukan berbagai hal termasuk mendapat pengetahuan mengenai apa yang belum ia ketahui sebelumnya. Karena itu, orang tua juga harus mengajarkan anak untuk menemukan sumber informasi yang terpercaya. Selain itu, orang tua juga bisa melakukan pencarian bersama anak di Internet, sehingga anak bisa terjaga dari apa yang ia akses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2322 seconds (0.1#10.140)