Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak

Selasa, 29 November 2022 - 23:01 WIB
loading...
Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak
Tips agar HP sejutaan bisa awet dan nggak cepat rusak penting diketahui agar tidak mudah gonta-ganti HP. Foto: dok Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Smartphone harga murah acap dipandang sebelah mata. Dianggap cepat rusak dan sering lemot. Tapi, di 2022, kualitas smartphone entry level Rp 1 jutaan sebenarnya sudah cukup lumayan. Memang fiturnya masih terbatas. Tapi, jika dibandingkan 2-3 tahun lalu, HP Rp 1 jutaan tahun ini sangat berbeda. Sudah cukup untuk berbagai fungsi harian.

MX Product Marketing Senior Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, HP dengan banderol Rp 1 jutaan tahun ini sudah punya banyak fitur kekinian. Misalnya, layar lega hingga 6,5 inci dan refresh rate 90 Hz, kamera 50 MP, hingga baterai 5.000 mAh. “Jadi, masa pakai HP sejutaan bisa lebih panjang,” katanya.

Nah, berikut adalah tips agar HP sejutaan bisa awet dan nggak cepat rusak. Sehingga, tidak perlu terlalu sering ganti-ganti HP.

1. Perhatikan Cara Ngecas
Penyebab smartphone tidak nyaman adalah baterai yang cepat lowbat. Nah, agar hal ini tidak terjadi, batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja.

“Sebab, jika smartphone terus-menerus saat dicas, baterainya akan cepat bocor. HP jadi tidak bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal,” katanya.

2. Gunakan Charger Orisinal
Salah satu cara untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai HP adalah menggunakan charger orisinal. HP entry level terbaru Galaxy A04 Series yang dibanderol mulai Rp 1,2 jutaan, misalnya, menurut Ricky sudah dilengkapi kepala charger orisinal di dalam paket penjualan. Yakni Fast Charging 15W untuk Galaxy A04s dan A04, serta charger 7.75W untuk Galaxy A04e.

3. Perhatikan Siklus Pengisian Daya
Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak

Untuk memperpanjang usia baterai, perhatikan siklus pengisian dayanya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%–85%, jadi tak perlu sampai 100%.

“Beberapa HP sudah punya fitur protect battery yang otomatis membatasi pengisian daya hanya sampai 85%,” ungkap Ricky.

Jadi, tidak repot bolak-balik mengecek baterai smartphone sudah berapa persen terisinya. “Caranya tinggal masuk ke Pengaturan > Perawatan perangkat dan baterai > Baterai > Pengaturan baterai lainnya > Lindungi baterai,” ungkapnya.

4. Gunakan layar HP dengan Hati-hati
Bagi mereka yang hobi mabar atau scrolling sosmed, perhatikan menggunakan layar HO. Jangan menekan layar smartphone terlalu keras dan hindari scroll layar menggunakan kuku yang bisa bikin smartphone-mu tidak awet.

BACA JUGA: Mengapa Orang Suka Transaksi Menggunakan QRIS?

5. Bersihkan Layar dengan Kain Mikrofiber
Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak

Bersihkan layar smartphone dengan kain lembut seperti kain microfiber seperti yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan gunakan tisu ataupun kain yang bertekstur karena bisa menggores layar. Tuangkan cairan pembersih ke kain microfiber sebelum membersihkan layar.

6. Update Sistem Operasi
Anti Boros, Begini Cara Bikin HP Rp 1 Jutaan Nggak Cepat Rusak

Pastikan selalu selalu melakukan update sistem operasi secara berkala. Sehingga kinerja smartphone jadi lebih lancar, keamanan sistem lebih terjaga, dan bisa mendapat fitur dan tampilan baru. Update juga aplikasi yang digunakan agar bisa tetap berjalan optimal tanpaseringlag.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2078 seconds (11.210#12.26)