Jalur Pansela Kian Ramai, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G

Jum'at, 04 November 2022 - 11:00 WIB
loading...
Jalur Pansela Kian Ramai, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G
Jalur Pansela saat ini jadi alternatif untuk menuju ke Jawa Timur dan sebaliknya. Foto: dok XL Axiata
A A A
JAKARTA - Jalur lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat belakangan semakin populer. Karena itu, operator seperti PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berupaya memperkuat jaringan telekomunikasi dan data 4G agar masyarakat tetap bisa terkoneksi.

Jalur Jalur Pansela merupakan jaringan jalan yang melintas di pesisir selatan Pulau Jawa, menghubungkan rute yang sejajar dengan Jalur Pantura yaitu Cilegon–Anyer–Pangandaran–Yogyakarta–Banyuwangi. Adai enam kabupaten yang dilewati jalan raya sepanjang 410 km tersebut.

Tentu saja, jangka panjangnya, hal ini akan memacu ekonomi daerah. Terutama sektor pariwisata.

“Keberadaan jalur transportasi yang semakin baik memicu munculnya banyak destinasi wisata. Permintaan layanan telekomunikasi dan data yang baik pun terus meningkat. Trafik data XL Axiata di sepanjang jalur ini meningkat hingga sekitar 149% dalam dua tahun terakhir,” beber Pj. Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto.

Arif menambahkan, guna menjaga kualitas layanan di sepanjang jalur Pansela, berbagai upaya terus dilakukan XL Axiata. Antara lain upgrade kapasitas, ekspansi jaringan, perbaikan latency, hingga peningkatan throughput.

Saat ini, jaringan 4G XL Axiata di sepanjang jalur tersebut diperkuat lebih dari 3.600 Base Transceiver Station (BTS). Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi ke semua BTS yang menopang jalur Pansela.

”Fiberisasi bertujuan antara lain meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data menjadi maksimal, cepat dan stabil,” beber Arif.

Jalur Pansela Kian Ramai, XL Axiata Perkuat Jaringan 4G

Selama satu tahun terakhir, XL Axiata juga telah melakukan ekspansi jaringan dengan menambah lebih dari 1.000 BTS 4G yang menopang total lebih dari 2.800 desa/kelurahan atau sekitar 94% dari keseluruh desa/kelurahan di 192 kecamatan, yang tersebar di enam kabupaten. “Perluasan akan terus kami lakukan hingga menjangkau seluruh desa di kawasan Pansela,” beber Arif.

Di sepanjang kawasan Pansela, XL Axiata mengklaim telah melayani lebih dari 2,6 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Bandung dengan total lebih dari 880 ribu pelanggan, menyusul Cianjur dengan lebih dari 660 ribu, Garut lebih dari 510 ribu.



Sukabumi lebih dari 300 ribu, Tasikmalaya lebih dari 215 ribu, dan di Pangandaran terdapat lebih dari 47 ribu. Jalur Pansela juga semakin dikenal sebagai jalur wisata karena menghubungkan banyak destinasi wisata. Mulai Pelabuhan Ratu di Sukabumi, pantai Ujung Genteng, pantai Apra, Karang Potong, hingga pantai Jayanti.

Selain pantai, juga ada Puncak Habibie di Sukabumi dan Geopark Ciletuh. Lanjut ke timur yang berada di wilayah Cianjur dan Garut ada pantai Sayang Heulang. Lalu di Kawasan Tasikmalaya ada pantai Karang Tawulan. Di Pangandaran antara lain terdapat pantai Batu Karas, danGreenCanyon.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)