Apple akan Tanggalkan Tombol Power dan Volume Mekanis di iPhone 15 Pro

Minggu, 30 Oktober 2022 - 14:30 WIB
loading...
Apple akan Tanggalkan Tombol Power dan Volume Mekanis di iPhone 15 Pro
Apple akan kembali menggunakan tombol solid-state di iPhone 15 Pro yang akan meluncur tahun depan. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Tahun depan Apple akan mengganti tombol power dan volume mekanis di iPhone 15 Pro baru. Tombol power dan volume konvensional itu akan diganti dengan tombol solid-state yang akan bergetar saat diketuk.

Analis Apple Ming-Chi Kuo, dikutip The Verge, mengatakan penggunaan tombol solid-state di iPhone 15 Pro baru tahun ddepan akan sama dengan tombol home solid-stae yang pertama kali dirilis di iPhone 7.

Diketahui di iPhone 7, Apple untuk pertama kalinya mengenalkan tombol home solid-state yang tidak dapat Anda tekan secara fisik tetapi bergetar terhadap sentuhan pengguna. Setelahnya tombol solid-state juga digunakan di iPhone 8 yang dibuat oleh Taptic Engine.



Apple akan Tanggalkan Tombol Power dan Volume Mekanis di iPhone 15 Pro


Teknologi yang sama juga digunakan MacBooks yang memiliki trackpads dengan sistem Force Touch. "Pengamatan yang saya lakukan menunjukkan bahwa tombol suara dan power di ponsel high-end iPhone 15 akan mengadopasi tombol solid-state yang sama dengan tombol di iPhone 7, iPhone 8, serta iPhpne SE2 dan 3," tulis Ming-Chi Kuo.

The Verge menyebutkan sebenarnya Apple sudah memiliki keinginan mengembalikan tombol solid-state itu di 2018. Terutama di produk jam tangan pintar, Apple Watch. Hanya saja saat itu keinginan tersebut dibatalkan tanpa alasan yang jelas.



Apple akan Tanggalkan Tombol Power dan Volume Mekanis di iPhone 15 Pro


Apple Watch Ultra yang jadi varian termahal bahkan masih dilengkapi dengan tombol mekanis. Hal itu kontras dengan jam tangan pintar merek lain yang varian termahalnya sudah tidak lagi menggunakan tombol mekanis.

Hadirnya tombol solid-state di iPhone 15 Pro baru akan menambah daya tarik ponsel pintar buatan Apple itu. Pasalnya ponsel itu juga akan jadi yang pertama buat Apple yang menggunakan USB Type C.

Hadirnya USB Type C di iPhone diketahui merupakan dampak dari perintah dari Uni Eropa agar semua produk elektronik yang dipasarkan di wilayah itu harus menggunakan konektor USB Type C. Peraturan itu akhirnya memaksa Apple untuk merubah desain konektor yang ada hingga kini.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7372 seconds (0.1#10.140)