Mengenal Fitur Ekspansi RAM, Sekarang Ada di Smartphone Murah!

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 18:37 WIB
loading...
Mengenal Fitur Ekspansi RAM, Sekarang Ada di Smartphone Murah!
Fitur ekspansi RAM dibutuhkan karena bisa membantu dalam multitasking, menghemat baterai, hingga mempercepat aktivitas. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Fitur ekspansi RAM belakangan jadi andalan berbagai pabrikan HP. Kapasitas RAM yang lega saat ini memang semakin penting dimiliki.

Fungsinya beragam. Mulai menampung banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, hingag membuat proses menjelajah aplikasi bisa lebih lancar. Itulah sebabnya teknologi ekspansi RAM di HP semakin populer.

Bagaimana cara kerjanya? Teknologi ekspansi RAM di HP memanfaatkan sejumlah memori tidak terpakai dari penyimpanan internal. Biasa disebut Memory Expansion.

Tidak hanya tersedia pada lini flagship, banyak smartphone dengan harga terjangkau sudah mengusung teknologi ekspansi RAM. Misalnya saja HP entry level Redmi A1 yang baru saja dirilis.

Nah, sebenarnya, apa sih manfaat dan keuntungan fitur ekspansi RAM untuk penggunaan smartphone?

1. Multitasking
Ekspansi RAM ternyata bisa membantu melakukan multitasking, seperti membuka WhatsApp, nonton video di YouTube, upload video pendek, sampai meeting virtual. Terkadang aplikasi-aplikasi itu perlu diakses sekaligus dalam satu waktu.

Ketika kapasitas RAM bawaan terbatas, fitur ekspansi RAM membantu supaya aplikasi bisa tetap berjalan bersamaan. Jadi tidak perlu takut draft konten sosial media hilang saat sedang akses aplikasi lainnya.

2. Menyelesaikan Tugas Lebih Cepat
Kehadiran fitur ekspansi RAM bisa meningkatkan produktivitas. Mengapa? Sebab, aplikasi-aplikasi penting bisa terus aktif di belakang. Perpindahan instan antar aplikasi membuat pengguna bisa menyelesaikan tugas secara lebih cepat dan efisien waktu. Situasi kapasitas RAM yang penuh juga dapat terhindari.

3. Lebih Hemat Daya
Ketika akses aplikasi untuk pertama kalinya, chipset pada smartphone akan bekerja semaksimal mungkin sampai aplikasi tersebut benar-benar bisa dipakai. Sementara saat aplikasi sudah berjalan di latar belakang, membukanya kembali bisa lebih instan. Dengan kata lain, fitur ekspansi RAM bisa meringankan beban dari chipset. Manfaat fitur yang satu ini bakal sangat terasa terutama pada smartphone entry-level. Karena HP tidak perlu bekerja terlalu keras, konsumsi daya baterai juga lebih hemat.



4. Menekan Biaya Komponen
RAM pada smartphone merupakan salah satu komponen hardware yang cukup mahal. Sementara, penyimpanan internal smartphone masa kini sudah memiliki kecepatan yang cukup untuk difungsikan sebagai virtual RAM. Sehingga performa mulus bisa dicapai dengan spesifikasiyanglebihpas.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)