91 Juta Data Pengguna Tokopedia yang Bocor Beredar Gratis

Senin, 06 Juli 2020 - 17:57 WIB
loading...
91 Juta Data Pengguna Tokopedia yang Bocor Beredar Gratis
Ilustrasi Tokopedia. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Kasus kebocoran 91 juta data pengguna Tokopedia sempat bikin heboh pada Mei lalu. Belakangan, kasus tersebut kembali ramai dibicarakan.

Perkembangan terbaru data tersebut kini dilaporkan beredar secara gratis lewat link download di sebuah grup Facebook. BACA JUGA - China Kembali Lahirkan Virus Baru, Pes Hantui Penduduk Mongolia

Laporan ini diungkap oleh lembaga riset keamanan siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC). BACA JUGA - 8 Motor Ngebul Bekas yang Harganya Semakin Ugal-Ugalan di 2020

Menurut CISSReC, salah satu anggota grup Facebook terkait keamanan siber yang berisikan hampir 15 ribu anggota memberikan link untuk mengunduh data 91 juta data pengguna Tokopedia secara gratis.

Saat ditelusuri, link tersebut bersumber pada salah satu akun bernama @Cellibis di forum Raidsforum yang memang sudah membagikan lebih dulu pada jumat 3 juli 2020. Akun tersebut membagikan secara hampir cuma-cuma di Raidforums yang sebelumnya dia dapatkan dari cara membeli data tersebut di darkweb sebesar $5000.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha, mengatakan, bahwa kasus ini menjadi pelajaran yang sangat berharga. Tokopedia jelas harus bertanggungjawab karena data pengguna yang mereka kelola bocor dan pastinya akan banyak pihak yang menggunakan untuk tindak kejahatan.

Ini membuktikan bahwa Tokopedia benar-benar sudah diretas, tidak seperti penjelasan Tokopedia sebelumnya yang mengatakan "hanya" terjadi upaya peretasan di platformnya.

Pratama yang juga menjabat chairman di CISSReC, menjelaskan, proses pengunduhan data pengguna Tokopedia tidak mudah. Hal ini dikarenakan file disimpan di server Amerika Serikat, sehingga harus menggunakan VPN dengan IP Amerika.

"Raidforums memiliki mata uang tersendiri, dan semua member yang mendaftar terlebih dahulu bisa menggunakannya. Member bisa mendepositkan uang melalui layanan Paypal minimal sebesar 8 euro yang jika dirupiahkan sebesar Rp 130 ribu akan mendapatkan 30 credit,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dalam keterangannya Pratama menyebut, dibutuhkan pembayaran untuk mendapatkan data 91 juta akun tokopedia yaitu seharga 8 credit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)