Aplikasi Truth Social Milik Donald Trump Kini Tersedia di Google Play Store

Selasa, 18 Oktober 2022 - 14:05 WIB
loading...
Aplikasi Truth Social Milik Donald Trump Kini Tersedia di Google Play Store
Aplikasi Truth Social milik Donald Trump tersedia di Google Play Store setelah menerapkan kebijakan moderasi konten lebih ketat. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Truth Social adalah aplikasi media sosial milik mantan Presiden Amerika Donald Trump . Setelah sebelumnya lolos di Apple Apps Store , Google akhirnya memberikan lampu hijau bagi aplikasi tersebut untuk bisa diunduh di Google Play Store.

Artinya, Truth Social sudah bisa diunduh lewat smartphone Android (untuk wilayah Amerika). Sebelumnya, Google mengatakan bahwa Truth Social tidak dapat muncul di toko aplikasi Google Play Store sampai pengembang aplikasi menerapkan kebijakan terkait hasutan dan ancaman kekerasan.

Google juga meminta Truth Social menyediakan sistem moderasi lebih ketat dan fitur dalam aplikasi untuk dapat melaporkan konten yang tidak pantas.
Truth Social sendiri telah tersedia untuk beberapa perangkat Android melalui sumber non-Google. Salah satunya toko aplikasi Galaxy Store yang ada di ponsel Samsung Galaxy.

"Aplikasi Truth Social dapat didistribusikan di Google Play asalkan mereka mematuhi pedoman pengembang kami," kata juru bicara Google. “Termasuk persyaratan untuk memoderasi konten yang di-posting pengguna secara efektif dan menghapus postingan yang tidak pantas seperti mengajak melakukan kekerasan,”.

Berdasarkan kebijakan Truth Social, konten pengguna yang mendorong kekerasan “dapat mengakibatkan” konten tersebut, atau akun yang membuat konten tersebut, dihapus dari platform.

Google mengatakan, pengembang Truth Social sudah setuju untuk lebih ketat dalam menyaring postingan hasutan. Persetujuan Truth Social pertama kali dilaporkan oleh Axios.

Sebelumnya, Truth Social yang dikembangkan oleh Presiden Amerika Serikat ke-45 sudah terlebih dulu hadir di App Store untuk wilayah Amerika Serikat.

Sayangnya, Truth Social belum tersedia untuk wilayah Indonesia. Termasuk juga di Google Play Store ataupun Galaxy Store. Jadi, ketika SINDOnews melakukan pengecekan, aplikasi tersebut tidak ditemukan.

Truth Social mengklaim sebagai platform media sosial yang mendorong percakapan global secara terbuka, bebas, dan jujur tanpa membeda-bedakan ideologi politik.



Untuk tampilannya sendiri sangat mirip dengan Twitter. Bedanya, Truth Social menggunakan istilah Truth untuk setiap cuitan di Truth Feed. Adapun pengguna yang ingin berbagi Truth dengan orang lain dapat melakukan ReTruth.

Fitur lainnya, ada direct message dan verifikasi pengguna. Untuk bisa mengunduhnya, pengguna harus daftarterlebihdulu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3902 seconds (0.1#10.140)