Fitur Oksimeter di Smartband, Seberapa Akurat?

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Fitur Oksimeter di Smartband, Seberapa Akurat?
Fitur oksimeter di smartband berguna untuk mengukur kadar saturasi oksigen di dalam darah. Foto: Sindonews/Tangguh Yudha
A A A
JAKARTA - Saat ini smartband memiliki banyak sekali fitur kesehatan/kebugaran. Termasuk oksimeter . Yakni, sensor yang dapat mengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah.

Oksimeter mampu mendeteksi setiap perubahan pada saturasi oksigen. Fitur ini penting saat pandemi Covid-19 dua tahun silam. Karena bisa mengecek kadar saturasi oksigen di tubuh penggunanya.

Nah, pertanyaannya, seberapa akurat sensor oksimeter di smartband? PR Manager OPPO Indonesia Arya Meidianto. A mengatakan, fitur oksimeter hanya mampu memberi gambaran tentang kesehatan kita. Bukan memberikan hasil pasti.

Menurutnya, untuk mengetahui hasil pasti terkait kesehatan tetap harus melakukan pengecekan ke dokter lewat uji medis yang tahapan-tahapannya lebih mendetail ketimbang hanya mengukur lewat oksimeter.

“Jadi kalau ada produk smartband yang mengklaim fitur oksimeternya akurat 100%, itu luar biasa. Kalau kami tidak bisa melakukan itu karena oksimeter hanya membantu memberikan gambaran saja,” kata Aryo.

Namun, Aryo menyebut bahwa oksimeter di perangkat smartband setidaknya bisa memberi gambaran saturasi oksigen di dalam darah. Sehingga pengguna tahu tindakan apa yang harus diambil selanjutnya.

Fitur Oksimeter di Smartband, Seberapa Akurat?

Untuk diketahui, OPPO sendiri baru saja memperkenalkan perangkat smartband yang telah dibekali fitur oksimeter. Antara lain OPPO Band 2 yang hadir dengan layar AMOLED 1.57 inci dan telah mendukung kecerahan hingga 500 nits.

OPPO Band 2 hadir dengan desain tali dua warna. Perangkat wearable tersebut diklaim mendukung 100 lebih mode latihan dan beberapa fitur olahraga lari yang ditingkatkan serta beberapa fitur kesehatan.

Fitur kesehatan yang disematkan mencakup sensor detak jantung, pemantauan oksigen dalam darah, serta pemantauan kualitas tidur yang dikatakan akan membantu penggunanya agar hidup lebih sehat.



OPPO Band 2 juga dilengkapi pengisian cepat magnetik yang mampu melakukan 5 menit pengisian daya untuk penggunaan seharian penuh. Juga, ketahanan daya baterai hingga 14 hari.

OPPO Band 2 akan dirilis pada 17 Okrober 2022 mendatang. Namun, hingga saat ini OPPO Indonesia belum mengungkap detail harganya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)