Perbandingan Spesifikasi Steam Deck dan Nintendo Switch, Mana yang Terbaik?

Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:52 WIB
loading...
Perbandingan Spesifikasi Steam Deck dan Nintendo Switch, Mana yang Terbaik?
Perbandingan spesifikasi Steam Deck dan Nintendo Switch penting diketahui. Sebab, keduanya sama-sama memiliki fitur unggulan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan spesifikasi Steam Deck dan Nintendo Switch penting diketahui, terutama mereka yang mencari mesin game terbaik.

Steam Deck dan Nintendo Switch memang sangat berbeda. Namun juga sangat mirip. Keduanya adalah perangkat untuk memainkan game secara portable. Sama-sama menargetkan gamer yang tidak ingin dibatasi oleh tempat atau lokasi. Mereka ingin bisa bermain game dimana saja.

Sementara Nintendo Switch memiliki banyak IP yang menarik dan berbagai game yang sudah populer, Steam Deck hadir membawa game PC untuk bisa dimainkan secara portabel.

Nah, berikut adalah perbandingan kedua perangkat tersebut:

1. Layar
Baik Nintendo Switch dan Steam Deck sama-sama mengusung layar ringkas dan tajam. Steam Deck memiliki ukuran cukup layar besar 7 inci LCD. Sementara Nintendo Switch layarnya hanya 6,4 inci LCD dan OLED 7 inci.

Kedua perangkat tersebut sama-sama mendukung refresh rate 60 Hz. Sebenarnya, ukurannya tidak jauh berbeda dan sama-sama ringkas untuk dibawa-bawa.

2. Spesifikasi
Perbandingan Spesifikasi Steam Deck dan Nintendo Switch, Mana yang Terbaik?

Nintendo Switch OLED menggunakan prosesor Nvidia Custom Tegra, CPU 4 ARM Cortex A57 cores 2GHz, RAM 4 GB, dan GPU 256 CUDA Cores 1GHz.
Adapun Steam Deck menggunakan CPU AMD Zen 2 4-core/8-thread 2,4-3,5 GHZ, GPU AMD RDNA 2, RAM 16 GB LPDDR5 @ 5,500MT/s dan prosesor SteamOS 3,0.

Memang secara spesifikasi, RAM, dan kartu grafis Steam Deck lebih baik. Tapi, bukan berarti Nintendo Switch tidak berkualitas.

2. Berat dan Kapasitas
Steam Deck sedikit lebih berat jika dibanding Nintendo Switch OLED. Beratnya 669 gram. Sebenarnya masih sangat ringat. Tapi, Nintendo Switch OLED beratnya hanya 399 gram atau setara dengan ponsel biasa. Jadi lebih mudah dibawa-bawa.

Untuk kapasitas, Steam Deck memiliki tiga varian, yakni 64GB, 256GB, dan 512GB. Sementara Nintendo Switch OLED hanya punya kapasitas 64 GB. Meski, bisa ditambah kapasitasnya hingga 2 TB melalui microSDHC atau microSDXC cards.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4029 seconds (11.97#12.26)