Apple Baru Adopsi USB-C di iPhone Mulai 2023 dan Semua Aksesoris Pada 2024

Senin, 10 Oktober 2022 - 10:51 WIB
loading...
Apple Baru Adopsi USB-C di iPhone Mulai 2023 dan Semua Aksesoris Pada 2024
Apple disebut baru akan mulai menggunakan USB-C pada Airpods, Mac dan iPhone pada 2024 mendatang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Apple termasuk paling ngeyel dan paling terlambat dalam mengadopsi USB-C . Padahal, praktis hampir semua Android dan berbagai aksesoris yang ada di pasaran saat ini sudah menggunakan USB-C.

Dan mau tidak mau Apple tidak lagi bisa mengelak atau ngeyel. Sebab, aturan baru Uni Eropa sudah mewajibkan semua perangkat elektronik untuk menggunakan USB-C paling lambat pada 2024.

Alasannya masuk akal. Supaya tidak ribet dan terlalu banyak kabel. Yang ujung-ujungnya bisa mengurangi sampah elektronik juga. Jadi, jika Apple mau berjualan di Eropa, mau tidak mau harus menggunakan USB-C.

Menurut Bloomberg, Apple saat ini sudah bersiap mengadopsi pengisian USB-C tidak hanya di iPhone saja, tapi juga di seluruh lini AirPods seperti AirPods, AirPods Pro, dan AirPods generasi berikutnya.

Juga, aksesori untuk laptop Mac. Mulai dari Magic Mouse, Magic Keyboard dan Magic Trackpad. Semuanya akan memakai USB-C. Sebelumnya, jajaran MacBook Apple sudah terlebih dulu mengadopsi USB-C.

Menurut Bloomberg, Apple saat ini sedang menguji USB-C di iPhone. Tapi, kemungkinan besar baru akan dirilis pada 2023 mendatang. Tepatnya, di iPhone 15, juga iPad yang dirilis bersamaan.



USB-C sendiri memberikan kepraktisan. Sebab, selain bisa digunakan untuk memindahkan data juga mengisi daya dengan cepat. Wajar jika Uni Eropa mewajibkan semua perangkat elektronik memakai USB-C dan memberikan Apple batas waktu hingga 2025.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)