Mengenal Fitur Deteksi Kecelakaan pada Perangkat iPhone 14

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:07 WIB
loading...
Mengenal Fitur Deteksi Kecelakaan pada Perangkat iPhone 14
Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 14 beberapa waktu yang lalu. Foto DOK apple
A A A
JAKARTA - Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 14 beberapa waktu yang lalu. Tak hanya spesifikasinya yang gahar, ada sebuah fitur yang cukup menarik perhatian di dalamnya.

Fitur tersebut bernama Crash Detection atau deteksi tabrakan. Sebelumnya, Apple juga mengumumkan perangkat terbarunya ini sudah dibekali sensor dan teknologi canggih yang bisa menjadi pendeteksi ketika penggunanya mengalami kecelakaan .

Baca juga : Perbandingan Spesifikasi iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Dikutip dari laman Support Apple, apabila fitur ini mendeteksi tabrakan atau kecelakaan parah, perangkat iPhone 14 akan membantu untuk menghubungkan Anda dengan layanan darurat. Selain itu, ponsel juga akan memberi tahu kontak darurat yang tersemat di dalam daftar.

Dari cara kerjanya, ketika mendeteksi kecelakaan parah, perangkat akan melakukan panggilan telepon darurat setelah 20 detik.

Nantinya, jika pengguna tidak merespon, iPhone 14 akan mengirim pesan audio darurat dan memberitahu bahwa Anda mengalami kecelakaan parah. Kemudian, perangkat juga akan memberikan titik koordinat dengan perkiraan radius pencarian.

Umumnya, fitur Crash Detection pada iPhone 14 akan menyala secara default. Namun, pengguna bisa mematikan opsi peringatan maupun panggilan darurat yang dibuat jika kurang berkenan.

Caranya pun cukup mudah. Masuk ke Pengaturan, lalu pilih opsi Darurat SOS, dan matikan opsi Panggilan Setelah Tabrakan Parah.

Baca juga : Perbandingan Fitur dan Spesifikasi iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max

Dikutip dari laman GSMArena, pengujian fitur ini telah dilakukan oleh Wall Street Journal yang berkombinasi dengan pengemudi. Pada hasilnya, mereka menyebut bahwa agar fitur Crash Detection berfungsi, perangkat harus mendeteksi keberadaannya di dalam mobil atau kendaraan yang bergerak.

Nantinya, sensor gerak akan mencoba mendeteksi perubahan gerakan, kemudian mikrofon mendeteksi suara keras seperti kecelakaan, GPS yang membaca kecepatan kendaraan yang melambat, serta CarPlay dan Bluetooth yang memberi sinyal tentang perangkat di kendaraan.

Sayangnya, fitur canggih yang dimiliki iPhone 14 ini tidak bisa mendeteksi semua jenis kerusakan. Bahkan, keterangan ini sudah tersemat di bawah opsi fitur Crash Detection iPhone 14.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)