Akun Instagram Anda Diretas? Begini Cara Memulihkannya!

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 20:05 WIB
loading...
Akun Instagram Anda Diretas? Begini Cara Memulihkannya!
Peretasan akun Instagram sering terjadi. Tapi, ada cara untuk memulihkannya lagi. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Akun Instagram diretas memang sering terjadi. Penyebabnya beragam. Bisa karena pengguna tidak mengaktifkan perlindungan, ceroboh dengan password, dan lainnya.

Apalagi, kejahatan dunia maya terus meningkat seiring penggunaan internet yang juga meningkat. Maka, peretasan akun media sosial Instagram pun juga semakin tinggi.

Tapi, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengamankan akun Instagram jika telah diretas atau diambil oleh orang lain.
Berikut panduan langkah demi langkah untuk pulihkan akun Instagram:

1. Jika alamat email Anda telah berubah, Anda akan diberi tahu melalui email dari security@mail.instagram.com.

2. Ketika muncul notifikasi ini, pilihlah opsi "Amankan Akun Saya". Fitur keamanan ini akan memungkinkan Anda untuk membatalkan perubahan informasi akun Anda.

3. Anda dapat meminta tautan masuk atau kode keamanan Instagram jika informasi lain seperti kata sandi Anda juga telah diubah dan Anda tidak dapat menautkan akun Anda kembali ke alamat email Anda.

Nah, untuk meminta tautan masuk, ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka aplikasi Instagram dan di halaman login, ketuk opsi "Dapatkan bantuan masuk" (Android) atau "Lupa kata sandi?" (iPhone atau peramban web).
2. Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, lalu ketuk tombol "Berikutnya".
3. Jika Anda tidak memiliki akses ke nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon yang terkait dengan akun Anda, memasukkan informasi login yang Anda gunakan baru-baru ini, lalu ketuk "Tidak dapat mengatur ulang kata sandi Anda?" kemudian klik tombol "Berikutnya".
4. Masukkan kode captcha
5. Pilih alamat email atau nomor telepon Anda, lalu tekan kembali tombol "Berikutnya"
6. Ikuti petunjuk di layar setelah mengklik link login di email atau SMS Anda.
7. Minta kode keamanan atau dukungan dari Instagram.

Jika tautan masuk Instagram tidak memungkinkan Anda memulihkan akun, Anda mungkin dapat menghubungi Instagram untuk mendapatkan bantuan. Caranya sebagai berikut:

1. Ketuk tombol "Butuh bantuan lebih lanjut?" yang tersedia di halaman login.
2. Mengikuti petunjuk di layar, pilih alamat email atau nomor telepon Anda, ketuk opsi "Kirim kode keamanan" lalu lanjutkan sesuai petunjuk.
3. Jika Anda meminta bantuan untuk akun tanpa foto diri Anda, masukan alamat email atau nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar, serta jenis perangkat yang Anda gunakan, akan diminta oleh Meta untuk mengonfirmasi identitas Anda.
4. Jika Anda memerlukan dukungan untuk akun yang berisi foto Anda, Anda akan diminta untuk mengambil video selfie di mana Anda menoleh ke berbagai arah.



5. Nantinya Instagram akan mengirimi Anda email di alamat email aman yang Anda berikan setelah Anda mengirimkan data yang diperlukan untuk mengonfirmasi identitas Anda.

Akun Anda akan dipulihkan dan Anda akan dapat mengamankan kredensial Anda sekali lagi setelah identitas Anda diverifikasi
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3493 seconds (0.1#10.140)