Dunia Akui Teknologi Cloud di Indonesia Berkembang Pesat

Jum'at, 30 September 2022 - 09:34 WIB
loading...
Dunia Akui Teknologi Cloud di Indonesia Berkembang Pesat
Ilustrasi Teknologi Cloud Computing di Indonesia. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Mengingat transformasi digital dan juga revolusi industri yang semakin berkembang sekarang ini, banyak perusahaan di Indonesia telah beralih menggunakan teknologi cloud.

Teknologi ini dianggap mampu untuk bersaing serta memiliki banyak solusi alternatif dan juga inovatif bagi perkembangan bisnis kedepannya.

BACA JUGA - Paquest Cloud Connect Layanan Big Data Analitik Berbasis Cloud

Melalui teknologi cloud, perusahaan akan memperoleh banyak kemudahan dari layanan-layanan yang tersedia.Indonesia dianggap sebagai pasar cloud computing atau yang berarti mengakses dan menyimpan data, serta program melalui internet dari lokasi yang berbeda atau dengan komputer.

Hal tersebut dikarenakan sektor cloud computing di Indonesia masih mengalami masa pertumbuhan. Dengan menggunakan cloud computing ini, perusahaan akan dapat mengakses data atau program dengan mudah dimana saja dan kapan saja serta dengan perangkat apapun.

Selain itu, dari tahun ke tahun, tren cloud computing di Indonesia mencatatkan peningkatan yang signifikan. Pada lima tahun terakhir, cloud computing di Indonesia meningkat sebesar 48%, angka ini jauh di atas peningkatan tahunan di dunia.

Semakin bertumbuhnya teknologi cloud, saat ini teknologi cloud banyak diadopsi menjadi salah satu tulang punggung untuk infrastruktur sebuah bisnis.

Banyak bisnis lokal yang dengan cepat mengadopsi teknologi cloud, bahkan pemerintah Indonesia juga berada pada garis depan dalam pengembangan teknologi cloud computing dan virtualisasi ini.

Sementara itu, managed cloud service yang merupakan layanan cloud untuk mengoptimalkan penggunaan cloud juga dianggap sangat penting.

Banyak pengelolaan yang dapat dilakukan dalam layanan cloud ini, diantaranya yaitu pengelolaan komputasi, storage, jaringan, sistem operasi, dan infrastruktur IT lainnya.

Disamping itu, dalam menjalankan teknologi cloud, terdapat tiga jenis layanan cloud yang menjadi tumpuan dalam memilih jenis layanan diantaranya adalah Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Software-as-a-Service (SaaS), dan Platform-as-a-Service (PaaS).
Managed cloud service akan menjadi sangat penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan penyediaan infrastruktur layanan digital.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1088 seconds (10.177#12.26)