Awas! HP Jenderal TNI hingga Menteri Jadi Target Hacker Israel

Jum'at, 30 September 2022 - 10:31 WIB
loading...
Awas! HP Jenderal TNI hingga Menteri Jadi Target Hacker Israel
Perusahaan hacker yang didanai pemerintah Israel diduga melakukan mata-mata terhadap sejumlah pejabat tinggi Indonesia. Foto: dok Reuters
A A A
JAKARTA - Belasan pejabat tinggi Indonesia sekaligus jendral TNI diduga ditarget software mata-mata (spy software) yang dirancang oleh Israel. Demikian laporan Reuters.

Salah satu targetnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, pejabat senior di militer, dua diplomat, dan penasihat dari Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar negeri.

Enam pejabat dan konsultan yang ditarget mengatakan kepada Reuters bahwa mereka menerima kiriman email dari Apple Inc pada November 2021. Email resmi dari Apple itu menyebut bahwa mereka sedang “ditarget oleh penyerang/hacker yang dibiayai oleh pemerintah Israel”.

Apple sendiri menolak mengungkap identitas dari penyerang maupun jumlah pengguna yang ditargetkan. Perusahaan asal Amerika itu juga tidak mau berkomentar.

Apple dan lembaga keamanan siber mengatakan bahwa mereka yang menerima email peringatan dari Apple itu ditarget menggunakan metode yang disebut ForcedEntry.

Yakni, sofware yang digunakan oleh salah satu perusahaan keamanan siber bernama NSO Group. NSO Group merupakan perusahaan yang dibiayai oleh pemerintah Israel untuk melakukan mata-mata, dengan cara mengambil alih secara remote (nirkabel) iPhone orang yang menjadi target.

Selain NSO Group, perusahaan keamanan siber lain bernama QuaDream yang juga dari Israel memiliki metode hacking yang mirip. Demikian dilaporkan Reuters.

Dari hasil penyelidikan, Reuters tidak menemukan siapa yang menggunakan spyware itu untuk menarget pemerintah Indonesia. Termasuk, apakah upayanya berhasil atau gagal. Jika berhasil, apa saja informasi yang telah didapatkan.

BACA JUGA: Hapus 35 Aplikasi Berbahaya Ini di HP Android Anda Sekarang Juga!

Upaya serangan siber terhadap pemerintah Indonesia ini merupakan salah satu yang terbesar menurut pakar keamanan siber.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1869 seconds (10.101#12.26)