Mengenal Fitur Alt Text Twitter, Bermanfaat Bagi Penyandang Tunanetra!

Kamis, 22 September 2022 - 14:05 WIB
loading...
Mengenal Fitur Alt Text Twitter, Bermanfaat Bagi Penyandang Tunanetra!
Alt Text atau Alternative Text adalah fitur yang memungkinkan pengguna mendeskripsikan gambar. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Twitter terus menghadirkan fitur baru untuk memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah fitur Alt Text . Fitur ini sebenarnya sudah diluncurkan pada Juli 2022 silam. Sepintas, memang terasa asing. Lantas apa sebenarnya fungsi Alt Text?

Untuk lebih mengenal fitur Alt Text, berikut paparan lengkap seperti dilansir dari laman resmi Twitter, Kamis (22/9). Alt Text atau Alternative Text adalah fitur yang memungkinkan pengguna mendeskripsikan gambar. Sehingga gambar atau konten yang diupload dapat diakses oleh lebih banyak pengguna.

Dengan Alt Text, pengguna yang memiliki keterbatasan teknologi atau tinggal di area dengan jaringan data “byar pet” yang sulit membuka foto bisa dimudahkan. Termasuk tunanetra atau orang yang memiliki gangguan penglihatan.

“Fitur deskripsi gambar meminta Anda untuk membiasakan diri menambahkan teks alternatif ke setiap gambar yang Anda unggah dan bagikan di Twitter,” kata Twitter dalam pernyataan resminya.

”Deskripsi gambar membantu mendeskripsikan sebuah foto kepada orang-orang yang tidak dapat melihat. Sehingga penting untuk menjaga teks tetap fokus: menangkap apa yang penting, ringkas, dan objektif,” lanjut perusahaan.

Fitur Alt Text sendiri bisa dibuat dalam beberapa langkah mudah. Pertama, hanya perlu mengunggah gambar ke cuitan, lalu pilih tombol +ALT pada gambar. Kemudian masukkan deskripsi gambar di kotak teks.

Deskripsi untuk gambar bisa seperti, “cangkir putih kecil bergagang mungil dan bulat, berisi espresso cokelat pekat dan buih cokelat muda di atasnya. Cangkir ini beralaskan cawan putih di atas meja kayu berwarna cokelat muda.”

Tapi perlu diingat bahwa jumlah karakter yang bisa digunakan adalah maksimal 1.000 karakter. Jika sudah dipastikan selesai dan jelas deskripsinya, pilih Selesai lalu Tweet. Nantinya lencana ALT akan muncul di sudut gambar.

BACA JUGA: Rekomendasi Smartphone Gaming Terbaik 2022, No 4 Baru Dirilis!

Orang yang melihat Tweet Anda akan dapat memilih lencana ALT pada tiap gambar untuk membaca deskripsinya. Ketika seseorang mengklik lencana ALT, deskripsi gambar akan muncul di layar.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1434 seconds (10.101#12.26)