Produk Baru realme Buds Q Jadi Lawan Solid Redmi Airdots, Siapa Unggul?

Jum'at, 03 Juli 2020 - 08:42 WIB
loading...
Produk Baru realme Buds Q Jadi Lawan Solid Redmi Airdots, Siapa Unggul?
Realme telah meluncurkan Buds Q, sebuah TWS yang memiliki kemiripan dengan Xiaomi Redmi Airdots. Keduanya pun diberi harga agresif, hanya dibanderol di bawah Rp400.000. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Xiaomi dan realme bisa dikatakan dua brand China yang saling berkompetisi, tidak hanya di pasar smartphone, tapi kini juga di pasar TWS. Kedua perusahaan telah meluncurkan sejumlah earphone TWS yang terjangkau untuk menghadirkan pengalaman audio nirkabel yang sesungguhnya kepada khalayak luas.

Yang terbaru, realme telah meluncurkan Buds Q, sebuah TWS yang memiliki kemiripan dengan Xiaomi Redmi Airdots. Keduanya pun diberi harga agresif, hanya dibanderol di bawah Rp400.000.

Untuk melihat mana yang layak kaum muda bawa pulang, kami coba bandingkan keduanya. Pertanyaannya, siapakah yang akan mengungguli satu sama lainnya?

Bahasa Desain
Realme Buds Q hadir dengan kasing kecil berbentuk seperti batu dengan ukuran kasing yang lebih ringkas dari Redmi Airdots. Dengan lekukan lembut di semua sisi, kasing Buds Q memiliki ergonomi yang lebih baik dan lebih pas dalam hal kenyamanan.
Produk Baru realme Buds Q Jadi Lawan Solid Redmi Airdots, Siapa Unggul?

realme Buds Q

Namun kualitas plastik yang digunakan mirip dengan yang digunakan Xiaomi dan keduanya terasa agak tipis. Hanya, kasing Redmi Airdots memiliki respons tutup yang sedikit lebih baik dan terasa lebih meyakinkan saat membuka dan menutup.

Di satu sisi realme Buds Q dapat dikatakan lebih menarik mata karena ditawarkan dalam tiga varian warna (hitam, putih, kuning) ketimbang hanya warna hitam di Redmi Airdots.

Earbud keduanya terbaring di dalam kasing secara magnetis dan tidak jatuh bahkan ketika kasing terbalik, tapi lain hal jika diguncang di mana magnetnya terasa kurang kuat. Keduanya juga memiliki lampu LED di bagian depan kasing yang berwarna merah saat Anda mencolokkan charger dan menunjukkan lampu hijau saat baterai terisi penuh.

Bukan port USB Type-C, keduanya masih menggunakan port pengisian microUSB. Ringan dengan sertifikasi IPX4 keduanya juga memiliki rasa yang sama dalam menawarkan ketahanan air dari cipratan, tetesan hujan, dan keringat dalam skenario penggunaan sehari-hari.
Produk Baru realme Buds Q Jadi Lawan Solid Redmi Airdots, Siapa Unggul?

Redmi Airdots

Sejauh menyangkut masalah bobot, masing-masing earbud realme Buds Q memiliki bobot 3,6 gram lebih ringan dibandingkan Redmi Airdots yang bobotnya 4,1 gram untuk setiap earbud. Dapat kami sampaikan bahwa earbud realme Buds Q dengan mayoritas tekstur doff (kecuali area sentuh) terasa sedikit lebih premium ketimbang Redmi Airdots.

Bagaimana pengalaman dalam memakainya? Seperti Redmi Airdots, realme Buds Q juga merupakan earphone in-ear. Sementara Redmi Airdots dan realme Buds Q menawarkan kenyamanan, saya menemukan realme Buds Q sedikit lebih nyaman dipakai untuk durasi yang lama.

Penghargaan untuk merancang earbud yang lebih nyaman untuk realme diberikan kepada seniman Prancis, José Lévy, yang merupakan desainer Hermes yang diajak bekerja sama.

Performa
TWS terbaru realme ini ditenagai oleh driver 10 mm dibandingkan dengan driver 7,2 mm pada Redmi Airdots. Tidak ada tombol pairing terdedikasi pada kasing keduanya, yang perlu Anda lakukan adalah membuka tutupnya dan menunggu smartphone mendeteksi earbud dengan menahan kedua tombol pada earbud.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3385 seconds (0.1#10.140)