6 Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet, Wajib Tahu!

Jum'at, 16 September 2022 - 10:12 WIB
loading...
6 Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet, Wajib Tahu!
Tips merawat mesin cuci agar awet penting diketahui, sebab rata-rata usia mesin cuci adalah 10 tahun. Foto: dok LG
A A A
JAKARTA - Tips merawat mesin cuci agar awet penting untuk diketahui. Sebab, idealnya masa pakai mesin cuci dan pengeringnya adalah 10 tahun. Jika dibawah itu sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi, maka bisa dibilang usia mesin cuci dibawah rata-rata.

Karena itu, penting diketahui bagaimana menjaga usia mesin cuci agar awet dan bisa lebih dari 10 tahun. Nah, berikut adalah tips merawat mesin cuci agar awet:

1. Lokasi Menentukan Usia
Ternyata lokasi penempatan mesin cuci membawa pengaruh besar terhadap durabilitas. Mesin cuci harus diletakkan di tempat yang benar-benar datar. Agar komponen mesin cuci tidak cepat rusak saat bergetar keras. Lalu, hindari tempat yang lembab agar rangkaian elektronik tidak rusak. Juga, hindari tempat yang langsung terkena sinar matahari. Pastikan juga sirkulasi udara baik.

2. Sesuai Kapasitas
6 Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet, Wajib Tahu!

Pastikan untuk menggunakan mesin cuci sesuai kapasitas/muatannya. Hal ini bisa dilihat di buku petunjuk/manual. Jangan terlalu banyak memasukkan cucian ke mesin hingga kepeneuhan. Ini membuat kinerja motor jadih lebih berat. Jika memang kebutuhan mencuci tinggi, gunakan mesin cuci yang kapasitasnya lebih besar.

3. Deterjen yang Pas
Takaran dan pilihan deterjen juga bisa membuat mesin cuci awet. Perhatikan petunjuk/rekomendasi dari buku manual terkait jumlah penggunaan deterjen yang pas.

4. Bersihkan Secara Berkala
Mesin cuci memiliki saringan yang perlu dibersihkan secara berkala. Beberapa mesin cuci terbaru memiliki fitur pembersihan otomatis. Juga, hindari meninggalkan pakaian di dalam tabung terlalu lama.

5. Mengeluarkan Benda dari Saku
Pastikan untuk selalu mengecek saku sebelum mencuci. Sebab, benda-benda yang tertinggal di saku seperti koin, masker, uang kertas, permen karet, berpotensi menyumbat saluran pembuangan mesin cuci.

BACA JUGA: Rekomendasi Game Xbox Series S Tembus 120 FPS, Ini Daftarnya!

6. Menggunakan Penyetelan Sama untuk Semua Pakaian
Setiap jenis pakaian memiliki setting pencucian berbeda-beda. Memang lebih mudah untuk menggunakan setting 'reguler' atau 'automatic' untuk kebanyakan baju. Tapi mesin cuci terbaik modern didesain untuk bisa diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan jenis baju.

Misalnya setting air panas, bilas cepat, temperatur tinggi, dan lain-lain. Ada baiknya Anda menyesuaikan setting pencucian dengan jenis baju yang akan dicuci sehingga baju bisa dicuci dengan optimal dan mesin cuci lebih tahan lama.
(dan)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1633 seconds (11.252#12.26)