5 Cara Melihat Aplikasi yang Dihapus di HP Android

Jum'at, 09 September 2022 - 14:41 WIB
loading...
5 Cara Melihat Aplikasi yang Dihapus di HP Android
Saat ini ada lima cara melihat aplikasi yang dihapus di HP Android yang bisa dilakukan pengguna. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mudahnya mengakses aplikasi di Android membuat banyak orang memilih menggunakan Android untuk berbagai kebutuhan. Melalui Android banyak aplikasi-aplikasi yang diunduh sesuai dengan kegunaannya.

Namun banyaknya aplikasi yang sudah didownload terkadang menjadi masalah karena ruang penyimpanan menjadi penuh yang menyebabkan sistem android lambat merespon. Tidak hanya itu, alasan lain seperti aplikasi jarang digunakan, aplikasi mogok karena pengaturan ulang pabrik, terkena virus dan sebagainya membuat anda memilih untuk menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

Tapi kadang ada saatnya aplikasi tersebut kembali dibutuhkan dan Anda lupa nama aplikasi yang sebelumnya digunakan. Tak perlu khawatir, cukup mudah untuk melihat kembali aplikasi yang sudah terhapus tersebut.

Berikut 5 cara melihat kembali aplikasi yang sudah terhapus di Android, yuk cermati:



1. Melalui Google Play Store

Kelengkapan fitur Google Play Store tidak perlu diragukan lagi. Pada aplikasi ini terdapat sudah fitur untuk melihat aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan utama untuk dapat mendownload berbagai aplikasi di Android , jadi Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi ketiga.

Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus mendaftarkan akun google milik anda lebih dulu untuk melihat riwayat aplikasi di Android milik Anda. Berikut caranya:

- Buka aplikasi Google Play Store

- Klik ikon akun profil Anda pada bagian atas kanan ponsel

- Kemudian pilih Kelola Aplikasi dan Perangkat pada menu.

- Klik tab Kelola, tekan tombol Installed dan pilihlah Not Installed pada menu

- Pada tahap inilah Anda dapat menemukan kembali aplikasi yang sudah terhapus. Namun Anda perlu menggulirkan layar ke bawah untuk mencarinya. Gunakan ikon Sortir untuk mengurutkan abjad agar aplikasi mudah untuk ditemukan.

2. Melalui Situs Web Play Store

Selain melalui aplikasi Google Play Store Anda juga dapat menggunakan layanan situs Web Play Store untuk melihat aplikasi yang sudah terhapus dari perangkat android milik Anda. Berikut caranya:

- Bukalah play.google.com di pencarian browser

- Pastikan anda sudah login lebih dulu ke akun google milik Anda

- Kemudian pilih ikon akun profil google yang berada di pojok kanan atas

- Pada menu, pilih Perpustakaan dan Perangkat

- Bukalah tab Aplikasi. Di sini Anda dapat menemukan kembali semua aplikasi yang masih terpasang atau sudah dihapus pada android Anda. Jika Anda ingin memulihkannya cukup mudah, yaitu cukup klik aplikasi tersebut dan pilih install jika Anda ingin kembali memilikinya.



3. Melalui Galaxy Store Bagi Samsung User

Jika Anda merupakan pengguna Samsung, cukup mudah untuk melihat kembali aplikasi yang sudah terhapus pada perangkat. Anda dapat langsung memeriksanya ke Galaxy Store yang merupakan aplikasi bawaan Samsung. Berikut caranya:

- Bukalah aplikasi Galaxy Store pada Samsung Anda.

- Klik ikon tiga bilah yang berada di sebelah kiri atas, di samping Galaxy Store

- Pada menu, pilihlah aplikasi saya

- Setelah ini Anda dapat langsung melihat aplikasi yang sudah diinstal dan dihapus pada android Anda. Gunakan ikon Sortir dan Filter untuk memfilternya dengan mematikan saklar di sebelah Tampilkan Aplikasi yang diinstall dan kemudian tekan OK.

- Jika Anda sudah mengaktifkan filter tersebut, Anda bisa langsung menemukan seluruh aplikasi yang sudah Anda hapus. Gulirkan layar ke bawah untuk mencarinya atau lakukanlah Sortir dan Filter lagi untuk mengurutkan aplikasi berdasarkan nama, ukuran aplikasi dan tanggal.

MG/Ni Made Susilawati
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2735 seconds (0.1#10.140)