Mengenal BreachForums, Tempat Data Masyarakat Indonesia Diperjualbelikan Secara Ilegal

Rabu, 07 September 2022 - 09:26 WIB
loading...
Mengenal BreachForums, Tempat Data Masyarakat Indonesia Diperjualbelikan Secara Ilegal
BreachForums menjadi platform bagi hacker, dengan anggota mencapai ribuan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - BreachForums (breached.to) menjadi sorotan menyusul banyaknya data pribadi yang bocor di situs tersebut. Mulai data pelanggan PLN dan IndiHome, data Jasa Marga, data pendaftar kartu SIM, hingga yang terakhir data pegawai negeri sipil (PNS).

Mengingat BreachForums tidak sepopuler situs-situs lainnya seperti Reddit, maka banyak yang belum mengenal BreachForums. Nah berikut ini adalah paparan tentang BreachForums yang punya image sebagai forum para hacker dunia.

Seperti dilansir Flashpoint, Selasa (6/9), BreachForums merupakan suksesor dari situs dengan konsep serupa yang bernama RaidForums.

BreachForums dibuat oleh hacker bernama “pompompurin” tiga minggu setelah RaidForums diblokir.

Sekitar Maret lalu, Pompompurin menyatakan bahwa mereka telah membuat BreachForums sebagai alternatif dari RaidForums. Tetapi ditegaskan bahwa BreachForums ini tidak berafiliasi dengan RaidForums dalam kapasitas apa pun. Saat ini, BreachForums sudah memiliki lebih dari 1.500 anggota, dan jumlahnya terus bertambah.

Situs ini semakin hari kian populer di kalangan para hacker untuk melakukan transaksi jual-beli data curian terlebih tampilannya sendiri mirip dengan pendahulunya.

Terlebih pompompurin merancang BreachForums agar anggota bisa mempertahankan ranking mereka sama seperti yang terakhir kali dimiliki di RaidForums. Dengan begitu anggota tidak perlu bersusah payah membangun kembali citra mereka dari nol.

Pompompurin juga mengumumkan bahwa mereka akan menerima tanda terima untuk memulihkan status akun. Anggota pun semakin yakin bermigrasi ke BreachForums karena situs ini diketahui memang dijalankan oleh anggota elit dari RaidForums.

Nah mengingat BreachForums merupakan situs terlarang yang banyak menyebarkan data pribadi, lantas kenapa Kementerian
Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tidak melakukan pemblokiran?

Jawabannya adalah karena untuk memberikan ruang kepada pihak berwenang agar bisa melakukan investigasi mendalam terkait kebocoran yang terjadi. Hal ini dikatakan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.



"Untuk situs BreachForums, jangan sampai nanti diblokir kita mau investigasi malah gak bisa," ungkapnya.

Semuel pun menyebut bahwa yang diperlukan saat ini adalah kesiapan bagi para pengumpul data. Ia juga mengimbau bagi yang belum siap, sebaiknya jangan melakukannya karena di ranah itu ada amanat untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)