Pengertian Linux Server Monitoring dan Rekomendasi Tool yang Dapat Dicoba

Jum'at, 02 September 2022 - 12:22 WIB
loading...
Pengertian Linux Server Monitoring dan Rekomendasi Tool yang Dapat Dicoba
Ilustrasi Linux Server Monitoring.
A A A
JAKARTA - Monitoring server sangat penting untuk dilakukan karena dapat mengetahui apakah ada gangguan yang terjadi pada kinerja server. Dengan memonitor kinerja server menggunakan tool server monitoring, Anda dapat melayani semua request dari klien. Namun, apa yang terjadi kalau perusahaan atau instansi mengabaikan proses monitoring server?

Masih ingat dengan kasus website PPDB Makassar tingkat SD/SMP tahun 2022 yang tidak bisa diakses karena down? menurut Kepala Diskominfo Makassar Mahyuddin, server bermasalah atau down lantaran tingginya jumlah pendaftar PPDB Makassar pada hari pertama. Mereka pun mengakses pendaftaran di sistem secara serentak dalam satu waktu.

Dapat dibayangkan bagaimana user experience ketika ingin mendaftar lebih dahulu daripada orang lain untuk registrasi sekolah, tetapi karena server down membuat para calon siswa menjadi terhambat pendaftarannya. Apa yang terjadi kalau kasus ini menimpa ke situs bisnis yang ramai pengunjung? Pasti akan membuat pengunjung kecewa.

Oleh karena itu, banyak aplikasi server monitoring yang dapat Anda coba secara gratis maupun berbayar untuk membantu memonitor kinerja server. Namun sebelumnya, ada baiknya Anda memahami apa itu server monitoring khususnya di Linux dan apa saja persoalan di dalamnya.

Pengertian Linux Server Monitoring
Linux adalah salah satu sistem operasi paling populer saat ini yang mendukung sebagian besar server website di internet. Menurut W3Techs, hampir setengah dari 1 juta situs web peringkat teratas saat ini berjalan di sistem Linux. Jadi, linux server monitoring ini adalah proses memantau server yang menggunakan OS Linux dengan parameter-parameter di dalamnya..

Untungnya, ada banyak tool dan software di pasaran yang dapat membantu Anda memantau kesehatan dan kinerja server Linux Anda secara real-time. Layanan tersebut bahkan dapat mengirim peringatan secara otomatis sehingga Anda dapat merespons masalah dengan cepat dan meminimalkan dampak pada user experience pengunjung web Anda. Untuk membantu Anda memulai, kami telah menyusun daftar alat pemantauan Linux berbayar, gratis, dan sumber terbuka terbaik yang saat ini ada.

Permasalahan Umum dalam Proses Monitoring Server
Bukanlah hal yang mudah mengelola banyak server dalam bersamaan apalagi jika seorang Network Engineer dalam perusahaan tersebut masih bekerja seorang diri, belum memiliki tim. Oleh karena itu, sebaiknya Network Engineer mengenal dan memahami beberapa permasalahan umum yang terjadi dalam proses server monitoring sehingga mengetahui gambaran serta cara menanganinya. Berikut ini permasalahan yang kerap terjadi selama server monitoring mengutip dari Sematext .

1. Penggunaan CPU yang Overused
Secanggih apapun CPU, limitation akan tetap ada. Itu mengindikasikan bahwa CPU memiliki batas maksimal yang akhirnya akan mencapai titik balik membuat proses menjadi lebih lambat. Penggunaan CPU yang berlebihan tanpa dimonitoring akan berdampak negatif terhadap kinerja server secara keseluruhan yang dapat mengakibatkan komponen lain akan ikut rusak.

2. Kenaikan Trafik Jaringan yang Tak Terduga
Penggunaan tool untuk backup, update virus scanner, dan kegiatan berat lainnya dapat menyebabkan kenaikan tak terduga pada trafik jaringan. Selain itu, permasalahan seperti mail not delivered, malware yang menyusup ke server, atau upaya hacking lewat jaringan atau database menggunakan SQL Injection dapat menyebabkan permasalahan yang serupa sehingga sangat penting untuk diawasi secara real-time.

Dari dua permasalahan paling umum tersebut, Anda dapat mengandalkan aplikasi server monitoring berikut ini agar proses pemantauan secara real-time dan tindakan pencegahan apabila muncul masalah dalam server dapat dilakukan secara otomatis.

Netmonk Prime
Modul server monitoring milik Netmonk dapat mendeteksi visibilitas dan performansi server baik fisik maupun virtual, bersifat proactive maintenance. Dalam dashboard-nya, Anda dapat melihat informasi pemanfaatan sumber daya saat ini, status server, memory, CPU load, CPU usage, disk, diskIO, hingga proses yang sedang berlangsung.

Netmonk menyajikan dashboard yang berbasis infografis sehingga memudahkan orang awam yang cukup kesulitan membaca data berupa angka mentah apalagi kalau tidak berbentuk GUI (Graphical User Interface).

Layanan berbasis web ini menggunakan sebuah agen ringan yang bernama probe. Ini adalah salah satu fitur hebat yang mengamati server Anda dan mengumpulkan metrik. Ini juga menawarkan laporan peringatan via email atau Telegram dan reporting berformat PDF.
(srf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1724 seconds (11.252#12.26)