TikTok Dituding Mencuri Data Pengguna Lewat Keyboard di Aplikasi

Kamis, 25 Agustus 2022 - 15:02 WIB
loading...
TikTok Dituding  Mencuri Data Pengguna Lewat Keyboard di Aplikasi
TikTok kembali dicurigai sebagai mata-mata China. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Rumor tentang kemampuan TikTok mencuri data pribadi pengguna memang sudah beredar sejak lama. Namun yang terbaru menyebut aksi terlarang ini juga bisa dilakukan lewat keyboard dalam aplikasi.

Seperti dilansir dari Gizmochina, Kamis (25/8/2022), rumor ini datang dari InAppBrowser.com yang menyatakan bahwa keyboard di TikTok mampu mencuri data berdasarkan apa yang sedang diketik oleh pengguna.



Laporan tersebut menambahkan bahwa selain TikTok, Facebook, dan Instagram juga berpotensi menggunakan JavaScript untuk mengambil data kartu kredit, alamat, kata sandi, dan lainnya tanpa izin Anda di iOS.

Dikatakan bahwa aplikasi media sosial ini, termasuk Facebook Messenger dapat melacak penekanan tombol saat pengguna menggunakan keyboard aplikasi mereka. Khususnya, dari semua aplikasi media sosial ini.

Satu perusahaan yang tidak menawarkan opsi kepada pengguna untuk menggunakan keyboard QWERTY default adalah TikTok. Dengan kata lain, pengguna pada dasarnya terjebak dengan pencurian data pribadi di keyboard aplikasi.

Ini juga menjadi alasan mengapa TikTok didahulukan oleh administrasi kepresidenan AS lainnya yang peduli dengan keamanan nasional.

Dalam pembelaannya, TikTok mengatakan di Twitter bahwa rumor tersebut tidaklah benar dan menyesatkan. Aplikasi asal China itu mengaku tidak pernah mengumpulkan keystroke atau input teks melalui metode ini.

TikTok mengklaim bahwa mereka hanya digunakan untuk debugging, pemecahan masalah, dan pemantauan kinerja.

Meskipun, laporan terpisah juga mengklaim bahwa browser dalam aplikasinya juga cukup berbahaya karena perusahaan pada dasarnya dapat melacak setiap penekanan tombol di situs web pihak ketiga melalui browser ini.

Komisaris FCC Brendan Carr mengatakan bahwa aplikasi ini adalah alat pengawasan canggih yang mengumpulkan sejumlah besar data pribadi dan sensitif.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)